SOROTAN MEDIA

18 orang jadi tersangka serangan di Mapolrestabes Medan

Petugas Labfor saat melakukan identifikasi pascabom bunuh diri yang dilakukan seorang pemuda, di depan Mapolrestabes, Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/11/2019)
Petugas Labfor saat melakukan identifikasi pascabom bunuh diri yang dilakukan seorang pemuda, di depan Mapolrestabes, Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/11/2019) | Irsan Mulyadi /Antara Foto

Dua orang terduga teroris yang ditembak mati tim Densus 88 bersama dengan Polda Sumut di Kota Datar, Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang, Sabtu (16/11/2019) ternyata adalah perakit bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan pada Rabu lalu.

Semula Mabes Polri menyatakan bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan yang dilakukan pria berinisial RMN diduga aksi tanpa jaringan alias lone wolf. Namun, hingga Sabtu kemarin polisi sudah menetapkan status tersangka kepada 18 orang.

Polisi menyatakan, dua pembuat bom tersebut disergap bersama dua orang lainnya. Namun saat dilakukan penangkapan, mereka melawan sehingga terjadi baku tembak. Dua orang pun tertembak mati, satu melarikan diri, dan satu orang berhasil ditangkap.

Ringkasan

  • Polisi terus melakukan pengembangan penyelidikan atas teror bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan. Penyelidikan tak hanya dilakukan di Sumatera Utara, tapi meluas hingga ke wilayah Aceh.
  • Hingga Sabtu, total 18 orang telah ditangkap. Di antaranya diringkus di Aceh 3 orang, Hamparan Perak 3 orang, Jermal 2 dan sejumlah titik lainnya.
  • Turut diamankan sejumlah barang bukti seperti senjata api, sentaja tajam, rangkaian bom dan beberapa bahan yang patut diduga untuk membuat bom.
  • Saat penangkapan di Hamparan Perak pada Sabtu siang, empat orang yang disergap, tetapi dua orang tewas tertembak, satu ditangkap, dan satu orang melarikan diri.
  • Polisi telah menetapkan status tersangka kepada sebanyak 18 orang terkait ledakan bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan pada Rabu 13 November 2019 lalu.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 15 pemberitaan, diikuti peringkat kedua tribunnews.com dengan 6 pemberitaan. selanjutnya liputan6.com dengan 3 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 22:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 07:00 WIB dengan total 12 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh cnnindonesia.com dengan 6754 interaksi, diikuti peringkat kedua liputan6.com dengan 1542 interaksi. Selanjutnya metro-online.co dengan 1416 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR