SOROTAN MEDIA

20 Pengacara siap buktikan kinerja KPU

Kelompok massa bernama Forum Pasundan Bergerak (FPB) melakukan aksi bela Komisi Pemilihan Umum (KPU) di depan Gedung KPU Jawa Barat, Bandung, Jawa Barat, Selasa (21/5/2019).
Kelompok massa bernama Forum Pasundan Bergerak (FPB) melakukan aksi bela Komisi Pemilihan Umum (KPU) di depan Gedung KPU Jawa Barat, Bandung, Jawa Barat, Selasa (21/5/2019). | Raisan Al Farisi /Antara Foto

Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersiap menghadapi gugatan sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden 2019 yang diajukan pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno ke Mahkamah Konstitusi (MK).

KPU pun sudah menyiapkan 20 orang pengacara dari tim kuasa hukum. Mereka semua akan menunjukkan bahwa kinerja KPU sudah baik dan hasil pemilihan presiden (pilpres) melalui proses yang jujur serta adil.

Kabar ini mendapat sorotan hingga 36 artikel sepanjang Minggu (26/5/2019) mulai pukul 00.00 hingga 22.00 WIB.

Ringkasan

  • Ketua tim hukum KPU, Ali Nurdin, di Jakarta pada Sabtu (25/5), mengatakan sudah mempelajari berkas gugatan sengketa yang dilayangkan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi ke MK.
  • Ali mengatakan ada sejumlah hal berbeda dengan fakta dalam berkas gugatan BPN Prabowo-Sandi. Namun Ali enggan menjelaskan lebih lanjut.
  • Gugatan dilayangkan tim penasehat hukum BPN secara resmi ke MK pada Jumat (24/5) pukul 22.44 WIB atau 1,5 jam menjelang penutupan pendaftaran permohonan. BPN menuding KPU melalukan kecurangan.
  • Dalam berkas gugatannya, BPN Prabowo-Sandi menuntut tujuh hal --termasuk memenangkan mereka atau pemilu ulang.
  • Ali mengatakan tim kuasa hukum akan menyiapkan bukti pelaksanaan tahapan pemilu seperti pendaftaran dan penetapan calon, penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), sosialisasi dan kampanye.
  • Tim kuasa hukum KPU juga akan menunjukkan kinerja pemungutan dan penghitungan suara dari TPS, PPS, PPK, sampai ke rekapitulasi nasional.
  • Soal itu, tim kuasa hukum akan meminta data dari tim sekretariat KPU. Tim kuasa hukum KPU akan menunjukkan bukti-bukti bahwa KPU telah bekerja sesuai aturan hukum yang berlaku.
  • Ali menegaskan tim kuasa hukum KPU tak punya persiapan khusus karena sudah terbiasa menghadapi gugatan.
  • Ali dan tim dari AnP Law Firm merupakan Kuasa Hukum KPU yang menangani sengketa partai politik dalam pemilu pada 2013 dan 2014. Pada 2014, mereka menangani 903 perkara dan memenangi 880 perkara di antaranya.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 17 pemberitaan, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 7 pemberitaan. selanjutnya kontan.co.id dengan 3 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik dimulai sejak pukul 00:00 hingga 22:00 WIB, dan merupakan puncak dari pemberitaan dengan total 6 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah sebaran pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 997 sebaran, diikuti peringkat kedua republika.co.id dengan 121 sebaran. Selanjutnya suratkabar.id dengan 10 sebaran pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR