PILPRES 2019

#2019GantiPresiden: Kau yang mulai, kau yang mengakhiri

Memang kampanye sudah selesai sebelum  pencoblosan. Jadi kenapa pula masih ngotot ganti presiden?
Memang kampanye sudah selesai sebelum pencoblosan. Jadi kenapa pula masih ngotot ganti presiden? | Salni Setyadi /Beritagar.id

DANGDUT | Oh, mirip penggalan lirik lagu dangdut "Kegagalan Cinta" (gubahan Rhoma Irama; juga dibawakan artis lain, misalnya Seventeen): kau yang mulai, kau yang mengakhiri.

Lirik itu seperti teralamatkan kepada Mardani Ali Sera (51), ketua bidang kepemudaan PKS. Dialah pencetus tagar #2019GantiPresiden, Maret 2018 – lima bulan sebelum Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto mendeklarasikan diri sebagai capres.

Lantas pekan lalu Mardani mengharamkan tagar yang menggerakkan dan mempersatukan lawan capres petahana Joko "Jokowi" Widodo itu.

  • "Per 13 April saya sudah mengharamkan diri tidak boleh teriak lagi ganti presiden. Sudah selesai. Kenapa? karena itu sudah hari terakhir kampanye. Kalau sekarang apalagi sudah selesai kompetisinya. Kita kembali normal. Ganti presiden sudah tutup buku," kata Mardani di Jakarta (3/5/2019).
  • Kubu lawan, diwakili oleh jubir Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily, mengapresiasi, "Itulah sikap politik yang benar. Pak Mardani telah menunjukkan kenegarawanannya dalam menyikapi pilihan politik rakyat yang telah menentukan pilihannya pada 17 April 2019."
  • Namun bagi Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, Andre Rosiade, "Saya kira ada omongan yang tidak perlu diucapkan karena akan mengganggu fokus spirit para relawan."

Maka Mardani maju kena mundur kena. Tetap ngotot #2019GantiPresiden akan dianggap aneh, terutama oleh kubu Jokowi.

Di sisi lain, ketika dia membekukan tagar yang menjadi seruan itu maka kaumnya menganggapnya salah. Apalagi teman-teman sekubu masih menganggap Prabowo sebagai pemenang Pilpres 2019.

Sebetulnya seruan paling sip adalah #2024GantiPresiden. Harus. Sesuai konstitusi.

SEVENTEEN - KEGAGALAN CINTA (Audio) /GP Records
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR