SOROTAN MEDIA

2.670 nasabah Bank Mandiri harus kembalikan tambahan saldo

Ilustrasi: Nasabah bertransaksi di anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Mandiri.
Ilustrasi: Nasabah bertransaksi di anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Mandiri. | M Risyal Hidayat/ama / ANTARA FOTO

PT Bank Mandiri Tbk mengaku telah memblokir 2.670 rekening nasabah pasca layanan elektroniknya error pada Sabtu (20/7/2019). Rekening tersebut tercatat menerima saldo tambahan saat error terjadi dan telah memindahkannya ke rekening lain.

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas, (22/7/2019), mengatakan Bank Mandiri akan meminta nasabah mengembalikan saldo tambahan yang terlanjur dipindahkan. Mulai besok pihaknya akan menghubungi dan mendatangi 2.670 nasabah pemilik rekening tersebut untuk melakukan komunikasi terkait.

Ringkasan

  • Kekacauan yang terjadi pada saat proses perpindahan dari sistem utama (core) ke sistem cadangan (back-up) layanan Bank Mandir (20/7/2019), membuat 10 persen dari 1,5 juta nasabah mengalami gangguan.
  • Layanan kembali normal setelah beberapa jam kemudian.
  • Bank Mandiri menjamin tidak ada nasabah yang terkurangi haknya.
  • Dari pemeriksaan sistem, ditemukan 2.670 nasabah yang mengalami penambahan saldo pada rekeningnya dan sudah melakukan pemindahan saldo ke rekening yang lain.
  • Terhadap rekening tersebut, Bank Mandiri melakukan pemblokiran. Selanjutnya pemilik rekening akan dihubungi untuk mengembalikan saldo yang sudah dipindahkan.
  • Bank Mandiri tidak akan menempuh jalur hukum dalam menagih saldo tambahan yang diterima nasabah dan telanjur dipindahkan ke rekening lain.
  • Otoritas Jasa Keuangan (OJK) minta Bank Mandiri segera melaporkan permasalahan yang terjadi dan mengambil langkah-langkah agar kejadian seperti itu tidak terulang lagi di kemudian hari.
  • OJK juga minta semua bank untuk terus melakukan review fungsi IT yang dimiliki secara berkala dalam rangka menegakkan tata kelola manajemen risiko operasional yang prudent.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 6 pemberitaan, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 4 pemberitaan. selanjutnya gosumut.com dengan 2 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 03:00 hingga 08:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 08:00 WIB dengan total 8 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh goriau.com dengan 264 interaksi, diikuti peringkat kedua kontan.co.id dengan 72 interaksi. Selanjutnya tribunnews.com dengan 6 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR