TRANSPORTASI MASSAL

6 Kereta LRT Jabodebek sudah di atas rel, uji coba akhir Oktober

Pengiriman kereta LRT Jabodetabek dari pabrik di Madiun, Jawa Timur, ke Stasiun Harjamukti, Cibubur di Jakarta Timur pada Senin (7/10/2019).
Pengiriman kereta LRT Jabodetabek dari pabrik di Madiun, Jawa Timur, ke Stasiun Harjamukti, Cibubur di Jakarta Timur pada Senin (7/10/2019). | PT Adhi Karya

Sebanyak enam buah kereta Light Rapid Trans (LRT) Jabodebek sudah diletakkan di atas rel pada Minggu (13/10/2019) dan akan diujicoba pada akhir Oktober nanti.

"Hari ini, Minggu (13/10) telah dilaksanakan proses lifting car atau pengangkatan rangkaian kereta pertama (trainset) LRT Jabodebek di Stasiun Harjamukti, Cibubur. Saat ini, rangkaian LRT Jabodebek yang terdiri 6 kereta (car) sudah berada di atas rel," merujuk keterangan Adhi Karya. ⁣⁣

Proses pengangkatan kereta LRT Jabodebek menggunakan alat berat gantry crane dan spreader s.

Kereta buatan PT INKA ini tiba di Jakarta pada Sabtu (12/10) dari pabriknya di Madiun, Jawa Timur. Pengiriman dengan truk besar menghabiskan waktu empat hari.

Pengiriman dilakukan secara bertahap. Selama tiga bulan ke depan, total akan ada 12 gerbong kereta lainnya yang dikirim.

Satu gerbong kereta LRT akan mengangkut setidaknya 250 orang. Jadi jika terisi penuh, satu rangkaian kereta akan memuat 1.500 orang.

Enam gerbong kereta yang baru datang akan melayani rute Cawang-Cibubur. Dari rute tersebut, enam stasiun yang dilewati adalah Stasiun BNN (Cawang), Stasiun Taman Mini, Stasiun Kampung Rambutan, Stasiun Ciracas, dan Stasiun Harjamukti.

Panjang trase dari rute trayek tersebut mencapai 14,5 kilometer. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan uji coba rute ini akan digelar pada 28-29 Oktober 2019.

Target akhir tahun

Hingga akhir 2019 mendatang, tiga rute yang bakal dirampungkan adalah Cawang-Cibubur, Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, dan Dukuh Atas-Bekasi Timur. Ketiga rute tersebut akan dilayani total 186 kereta dengan jeda waktu tunggu antarkereta (headway) tiga menit.

Untuk rute Cawang-Bekasi Timur, kereta akan melewati Stasiun BNN (Cawang), Stasiun Jati Bening baru, Stasiun Cikunir 1, Stasiun Cikunir 2, Stasiun Bekasi Barat, dan Stasiun Bekasi Timur. Lintas rute ini memiliki panjang 18,5 kilometer.

Sementara untuk rute Cawang-Dukuh Atas akan melewati delapan stasiun dengan panjang rute 11,5 kilometer. Stasiun tersebut adalah Stasiun BNN (Cawang), Stasiun Ciliwung, Stasiun Cikoko, Stasiun Pancoran, Stasiun Kuningan, Stasiun Rasuna Said, Stasiun Setia Budi, dan Stasiun Dukuh Atas.

Merujuk laporan bulanan perusahaan penggarap LRT Jabodebek, PT Adhi Karya, per 16 September 2019, progres pembangunan tahap I per Agustus 2019 ialah 64,4 persen.

Untuk rute Cawang-Cibubur sudah mencapai progres 84,01 persen, sementara rute Cawang-Dukuh Atas mencapai 53,87 persen dan rute Cawang-Bekasi Timur mencapai 58,12 persen.

Trayek Kelapa Gading-Velodrome

Rute LRT Jabodetabek dari Kelapa Gading menuju Velodrome.
Rute LRT Jabodetabek dari Kelapa Gading menuju Velodrome. | /PT Adhi Karya

Hingga saat ini, rute yang sudah siap beroperasi per 27 September 2019 lalu adalah koridor Kelapa Gading-Velodrome Rawamangun yang bisa digunakan mulai 05.30 WIB hingga 23.00 WIB. Total waktu tempuh adalah 13 menit yang terdiri dari trayek Stasiun Pegangsaan Dua-Velodrome.

"Akan terdapat area park and ride, untuk kendaraan mobil dan motor, dan juga area parkir sepeda di Stasiun Pegangsaan Dua sehingga masyarakat dapat lebih mudah untuk mengakses stasiun dari rumah," ujar Manajer Humas PT LRT Jakarta Melisa Suciati, merujuk keterangan resmi.

Penumpang dapat memulai perjalanan dari stasiun awal di Stasiun Pegangsaan Dua dan membeli tiket di mesin loket otomatis.

Di stasiun dan di dalam gerbong, terdapat fasilitas untuk penyandang disabilitas. Bagi penumpang yang membawa sepeda lipat dan kursi roda, juga disediakan area kosong di dalam gerbong untuk meletakkan barang tersebut.

Jika seluruh trayek LRT Jabodebek sudah rampung, maka moda transportasi ini diprediksi akan menampung 76 ribu penumpang per harinya dengan total 282 perjalanan tiap hari.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR