SOROTAN MEDIA

7 Staf Khusus Presiden berusia di bawah 40 tahun

Presiden Joko Widodo saat mengenalkan tujuh orang Staf Khusus Presiden yang melengkapi Staf Khusus Presiden sebelumnya, di beranda belakang Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (21/11/2019) sore
Presiden Joko Widodo saat mengenalkan tujuh orang Staf Khusus Presiden yang melengkapi Staf Khusus Presiden sebelumnya, di beranda belakang Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (21/11/2019) sore | Istimewa /Akun Twitter Sekretariat Kabinet ‏ RI

Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengenalkan Staf Khusus Presiden dari kalangan generasi muda di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (21/11/2019). Tujuh staf khusus presiden yang baru itu datang dari berbagai latar belakang profesi.

Selain ketujuh staf khusus tersebut, wajah lama masih tetap bertugas seperti Diaz Hendropriyono, Sukardi Rinakit, dan Ari Dwipayana. Sedangkan dua nama baru dari kalangan politisi adalah politikus PDI Perjuangan, Arief Budimanta (51), dan politikus PSI Dini Shanti Purwono (45).

Adapun tujuh staf khusus muda itu berusia 23 hingga 36 tahun. Paling muda adalah Putri Indahsari Tanjung (23 tahun Lulusan Academy of Art San Fransisco), sedangkan yang paling tua adalah Ayu Kartika Dewi (36 tahun, perumus gerakan Sabang Merauke).

Ringkasan

  • Presiden Joko Widodo mengumumkan 12 nama orang staf khusus (stafsus) Presiden pada Kamis (21/11/2019) sore.
  • Tujuh di antaranya anak-anak muda berusia 23-36 tahun. Salah satu nama yang ramai dibicarakan adalah anak pengusaha Chairul Tanjung, Putri Tanjung.
  • Saat pengumuman di Istana Kepresidenan Jakarta, Jokowi menyatakan tugas khusus mereka adalah mengembangkan inovasi di berbagai bidang.
  • Ada CEO and Founder Creativepreneur Putri Tanjung, pendiri Ruang Guru Adamas Belva Syah Devara, dan pendiri Amartha Andi Taufan Garuda Putra.
  • Selain itu ada CEO Kitong Bisa Billy Mambrasar, perumus gerakan Sabang Merauke Ayu Kartika Dewi, mantan Ketua Umum PMII Aminuddin Ma'ruf, dan pendiri Thisable Enterprise Angkie Yudistia.
  • Sedangkan tiga wajah lama di jajaran stafsus presiden adalah Diaz Hendropriyono, Sukardi Rinakit, dan Ari Dwipayana
  • Dua nama baru namun tak ikut diperkenalkan langsung oleh Jokowi adalah politikus dari PDIP, Arief Budimanta (51), dan dari PSI, Dini Shanti Purwono (45).
  • Staf khusus presiden bertugas membantu presiden di luar fungsi kementerian dan lembaga. Mereka bertanggung jawab kepada Sekretaris Kabinet.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dan antaranews.com dengan 4 pemberitaan, diikuti peringkat kedua sindonews.com dengan 3 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 16:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 13:00 WIB dengan total 10 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh monitor.co.id dengan 772 interaksi, diikuti peringkat kedua cnbcindonesia.com dengan 521 interaksi. Selanjutnya cnnindonesia.com dengan 270 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR