SOROTAN MEDIA

8 Pengacara dan 51 bukti antar gugatan Prabowo-Sandi ke MK

Ketua Tim Hukum Badan Pemenangan Nasional (BPN) calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02 Bambang Widjojanto (dua kiri) melakukan pendaftaran gugatan perselisihan hasil Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Jumat (24/5/2019).
Ketua Tim Hukum Badan Pemenangan Nasional (BPN) calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02 Bambang Widjojanto (dua kiri) melakukan pendaftaran gugatan perselisihan hasil Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Jumat (24/5/2019). | Hafidz Mubarak A /Antara Foto

Pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, resmi mengajukan gugatan sengketa Pemilihan Presiden 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta Pusat, Jumat (24/5/2019).

Pendaftaran dilakukan oleh 8 pengacara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga. Dengan begitu, jumlah kuasa hukum berkembang dari rencana awal.

Kabar ini sudah ditunggu meski baru terwujud pada malam hari. Ada 31 berita tentang pendaftaran gugatan ini yang jadi sorotan media mulai pukul 00.00 hingga 05.00 WIB, Sabtu (25/5).

Ringkasan

  • Pada awalnya, menurut juru bicara BPN Dahnil Anzar Simanjuntak, Rabu (22/5), Prabowo-Sandi akan diwakili oleh empat pengacara. Masing-masing adalah mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) sebagai ketua, mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana, Rikrik Rizkiyana, serta Irman Putra Sidin.
  • Namun dalam jumpa pers seusai pendaftaran gugatan di gedung MK pada Jumat (24/5), BW menyatakan BPN diwakili oleh 8 pengacara yang langsung ditunjuk oleh Prabowo dan Sandiaga. Dari 8 tersebut, dua nama di atas tak ada dalam tim.
  • Delapan pengacara yang resmi mewakili BPN Prabowo-Sandi, menurut BW adalah; BW, Denny, Teuku Nasrullah, Luthfi Yazid, Iwan Satriawan, Iskandar Sonhadji, Dorel Almir, dan Zulfadli.
  • Sekitar pukul 22.43 WIB, proses pendaftaran gugatan oleh BPN ke MK selesai. BW menyebut pendaftaran dilakukan pada malam hari dan menjelang tenggat karena penutupan sejumlah ruas jalan menuju MK.
  • BW beserta para pengacara lain dan anggota BPN, termasuk Direktur Komunikasi dan Media Hashim Djojohadikusumo harus berjalan kaki ke gedung MK. BW pun berharap kepada MK agar tak ada lagi penutupan jalan ke gedung tersebut.
  • Dalam berkas gugatan, BW menyebut ada 51 bukti meski enggan merincinya. Total ada 12 rangkap dokumen yang menyertai pendaftaran gugatan BPN Prabowo-Sandiaga.
  • Fajar Laksono, juru bicara MK, menjelaskan permohonan gugatan harus dibuat rangkap empat disertai daftar alat bukti.
  • Alat bukti harus dibawa pada saat pendaftaran dan harus sesuai dengan daftar. Dalam berkas permohonan juga harus ada identitas pemohon, kewenangan MK, kedudukan kewenangan MK, kedudukan hukum, dan tenggat pendaftaran.
  • Dalam berkas permohonan juga harus ada keterangan persoalan, apa kecurangannya, terjadi di mana, bagaimana kesalahan penghitungannya, serta petitum (hasil) yang diinginkan pemohon.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 21 pemberitaan, diikuti peringkat kedua republika.co.id dan okezone.com dengan 2 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik dimulai sejak pukul 00:00 hingga 05:00 WIB, dan merupakan puncak dari pemberitaan dengan total 14 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah sebaran pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh tempo.co dengan 502 sebaran, diikuti peringkat kedua tribunnews.com dengan 51 sebaran. Selanjutnya riaueditor.com dengan 3 sebaran pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR