SOROTAN MEDIA

81 Tersangka pembakaran desa di Buton diamankan Polisi

Polisi mengamankan warga yang diduga terlibat dalam keributan antar warga di Desa Sampuabalo, Pasarwajo, Buton, Sulawesi Tenggara, Sabtu (8/6/2019). Polda Sulawesi Tenggara mengamankan 81 orang warga Desa Sampuabalo yang diduga terlibat dalam aksi pembakaran 87 unit rumah di Desa Gunungjaya saat terjadi kericuhan antara dua desa, Rabu (5/6/ 2019).
Polisi mengamankan warga yang diduga terlibat dalam keributan antar warga di Desa Sampuabalo, Pasarwajo, Buton, Sulawesi Tenggara, Sabtu (8/6/2019). Polda Sulawesi Tenggara mengamankan 81 orang warga Desa Sampuabalo yang diduga terlibat dalam aksi pembakaran 87 unit rumah di Desa Gunungjaya saat terjadi kericuhan antara dua desa, Rabu (5/6/ 2019). | Mances /Antara Foto

Sebanyak 81 orang ditangkap setelah terjadi bentrokan dan pembakaran 87 rumah di Desa Gunung Jaya, Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra). Kerusuhan akibat kesalahpahaman tersebut terjadi pada Selasa (4/6/2019), juga menewaskan dua orang dan mencederai delapan orang lainnya.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Hubungan Masyarakat Kepolisian RI, Brigjen Dedi Prasetya, menyatakan semua orang yang ditangkap tersebut tidak melakukan perlawanan sehingga proses penangkapan berjalan mudah.

Polda Sultra, tambah Dedi, juga menyita sejumlah senjata tajam dari proses penangkapan itu, seperti parang, tombak, pisau, badik hingga busur. Semua orang yang ditangkap tersebut, menurutnya, masih berstatus sebagai terperiksa.

Ringkasan

  • Sebanyak 81 orang ditangkap terkait bentrok dan pembakaran 87 rumah di Kabupaten Buton , Sulawesi Tenggara (Sultra).
  • Terbakarnya rumah tersebut dilakukan oleh sekelompok pemuda dari Desa Sampuabalo, Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Mereka bentrok dengan warga Desa Gunung Jaya.
  • Kabid Humas Polda Sultra AKBP Harry Goldenhart menyatakan, 81 orang terduga pelaku masih dalan perjalanan dari Kabupaten Buton menuju Kendari.
  • Karo Penmas Div Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetya menerangkan, oknum masyarakat yang diamankan masih berstatus terperiksa guna penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut.
  • Kerusuhan dipicu konvoi malam takbiran pemuda Desa Sampuabalo dengan sepeda motor yang dinilai ugal-ugalan saat melewati Desa Gunung Jaya. Para pemuda Desa Sampuabalo turut memainkan gas sepeda motor.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 7 pemberitaan, diikuti peringkat kedua okezone.com dan liputan6.com dengan 4 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 01:00 hingga 22:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 17:00 WIB dengan total 6 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah sebaran pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh cnnindonesia.com dengan 752 sebaran, diikuti peringkat kedua beritagar.id dengan 376 sebaran. Selanjutnya detik.com dengan 301 sebaran pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR