SOROTAN MEDIA

Afridza Munandar tewas usai kecelakaan di Sirkuit Sepang

Afridza Syach Munandar (25/7/2019)
Afridza Syach Munandar (25/7/2019) | Afridza Syach Munandar /Instagram @afridzasyach

Pembalap Indonesia Afridza Syach Munandar (20), meninggal dunia usai kecelakaan di tikungan 10 lap pertama pada Race 1 ajang Asia Talent Cup (ATC) 2019 seri Malaysia, di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Dalam balapan 13 lap yang digelar di Sirkuit Sepang, Sabtu (2/11/2019), Afridza start di posisi kelima. Ketika memasuki tikungan 10 pada lap pertama, ia terjatuh setelah bersenggolan dengan pembalap Jepang, Shinji Ogu, yang berada di depannya.

Pembalap kelahiran 13 Agustus 1999 itu sempat diterbangkan ke Rumah Sakit Kuala Lumpur untuk mendapatkan pertolongan. Namun, nyawa Afridza tak terselamatkan.

Wafatnya Afridza Munandar mengundang duka sejumlah pembalap MotoGP yang juga sedang menjalani seri Malaysia, dari Marc Marquez, Cal Crutchlow, hingga Alex Rins. Mereka mengekspresikannya lewat akun media sosial masing-masing.

Ringkasan

  • Pembalap muda Indonesia, Afridza Munandar, berasal dari Jawa Barat, merupakan lulusan Astra Honda Racing School (AHRS).
  • Dikenal berprestasi dalam Kejuaraan Nasional Oneprix Indonesia Motoprix 2019, pada Sabtu (2/11/2019) meninggal dunia karena kecelakaan pada Race 1 Asia Talent Cup 2019 seri Malaysia.
  • Afridza Munandar start di posisi kelima. Namun saat balapan dimulai, posisinya melorot ke urutan tujuh.
  • Pembalap kelahiran 1999 ini bersenggolan dengan dengan pembalap Jepang Shinji Ogu pada tikungan 10 lap pertama. Menyusul kecelakaan, petugas langsung mengibarkan bendera merah.
  • Hasil klasemen sementara, Afridza berada di posisi ketiga dengan raihan 142 poin atau terpaut 27 poin dari pemuncak klasemen.
  • Dari lima seri yang sudah digelar (masing-masing seri terdiri dari dua balapan), Afridza Munandar hanya kehilangan angka di dua balapan, yakni seri pembuka di Losail (Qatar), dan balap pertama seri ke-4 di Buriram (Thailand).
  • Penyelenggara Asia Talent Cup menyatakan pihak FIM, FIM Asia, Dorna Sports, dan tim Idemitsu Asia Talent Cup menyampaikan belasungkawa untuk keluarga, teman, dan orang-orang terkasih Afridza Munandar.
  • Sejumlah pembalap MotoGP yang juga sedang menjalani seri Malaysia turut mengucapkan duka citanya lewat akun media sosial masing-masing.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 20 pemberitaan, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 14 pemberitaan. selanjutnya liputan6.com dengan 8 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 11:00 hingga 22:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 12:00 WIB dengan total 38 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh beritabalap.com dengan 6151 interaksi, diikuti peringkat kedua kompas.com dengan 5457 interaksi. Selanjutnya bola.net dengan 4746 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR