SOROTAN MEDIA

Ahmad Dhani langsung banding usai divonis 1 tahun penjara

Terdakwa kasus pelanggaran UU ITE Ahmad Dhani Prasetyo bergaya sebelum sidang vonis di Pengadilan Negeri Surabaya, Jawa Timur, Selasa (11/6/2019).
Terdakwa kasus pelanggaran UU ITE Ahmad Dhani Prasetyo bergaya sebelum sidang vonis di Pengadilan Negeri Surabaya, Jawa Timur, Selasa (11/6/2019). | Didik Suhartono /Antara Foto

Pengadilan Negeri Surabaya, Jawa Timur, menjatuhkan vonis 1 tahun penjara kepada terdakwa Ahmad Dhani, Selasa (11/6/2019). Majelis hakim yang dipimpin R. Anton Widyopriono menyatakan Dhani terbukti melakukan pencemaran nama baik dengan ujaran "idiot" melalui video di laman Instagramnya.

Majelis hakim menyatakan Dhani secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 45 ayat 3 juncto Pasal 27 ayat 3 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Adapun vonis untuk Dhani lebih ringan dibanding tuntutan Jaksa Penuntut Umum yaitu 1 tahun 6 bulan.

Sebelum ini, Januari 2019, Dhani ditahan atas kasus lain menyusul vonis 1,5 tahun penjara dari majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dalam kasus ujaran kebencian melalui media sosial Twitter.

Ringkasan

  • Ahmad Dhani langsung menyatakan banding tanpa berkonsultasi dengan para penasehat hukumnya. Sementara Jaksa Penuntut Umum menyatakan pikir-pikir.
  • Putusan untuk Dhani dibacakan secara bergantian oleh majelis hakim. Sidang digelar di ruang Cakra Pengadilan Negeri Surabaya.
  • Setelah ini Dhani akan dikembalikan ke tempat penahanan asal di rumah tahanan (rutan) Cipinang, Jakarta, sejak dipindah ke rutan Medaeng di Sidoarjo, Jawa Timur.
  • Pemindahan Dhani diperkirakan bakal memakan waktu sepekan karena Kejaksaan Negeri Jawa Timur perlu mempersiapkan personel, surat administrasi, akomodasi, dan koordinasi.
  • Kuasa hukum Dhani mengatakan vonis tersebut yang tidak berkekuatan hukum tetap. Selain ancaman dan vonisnya di bawah lima tahun, majelis hakim juga tidak memerintahkan penahanan langsung.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 45 pemberitaan, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 10 pemberitaan. selanjutnya suara.com dengan 8 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 04:00 hingga 15:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 14:00 WIB dengan total 35 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah sebaran pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh viva.co.id dengan 3594 sebaran, diikuti peringkat kedua tribunnews.com dengan 290 sebaran. Selanjutnya kompas.com dengan 265 sebaran pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR