SOROTAN MEDIA

Ahok janji tak lagi umbar komentar

Sejumlah pendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mendatangi Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Kamis (24/1/2019)
Sejumlah pendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mendatangi Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Kamis (24/1/2019) | Akbar Nugroho Gumay /Antara Foto

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang kini lebih memilih disapa "BTP", telah resmi menerima Surat Keputusan Menteri BUMN, Erick Thohir. Kementerian BUMN telah menggelar RUPS Pertamina pada Senin (25/11/2019), yang salah satu isinya menetapkan BTP sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero).

Menjawab pertanyaan soal upaya menekan impor Migas Pertamina, Ahok--kini 53 tahun--enggan menjawab. Berbeda ketika menjabat Gubernur DKI Jakarta, Ahok tak mau lagi mengomentari banyak hal. Menurutnya, meski tahu (upaya menekan impor migas), adalah hak Dirut Pertamina untuk menjelaskan.

Ia pun menegaskan tugas utamanya adalah pengawasan internal terhadap direksi dan memberikan nasihat. Karena itu ia berharap dukungan dari masyarakat untuk mengawasi kinerja perseroan, misalnya lewat mekanisme pelaporan. "Semakin banyak melapor akan menolong kami melakukan pengawasan lebih baik," kata dia.

Ringkasan

  • Kementerian BUMN telah menggelar RUPS Pertamina pada Senin (25/11/2019), yang salah satu isinya menetapkan Ahok sebagai Komisaris Utama PT Pertamina.
  • Ahok menegaskan tugas utamanya adalah pengawasan internal terhadap direksi dan memberikan nasihat, sesuai UU No. 19/2003 tentang BUMN.
  • Ahok alis BTP menilai sistem pengaduan sangat penting untuk membantu mengawasi kinerja perseroan, dan membantu kerjanya sebagai pengawas internal.
  • Ditambahkannya, ia tidak memiliki wewenang untuk banyak bicara, tidak seperti ketika menjabat Gubernur DKI Jakarta.
  • Pertamina punya dua hal besar untuk segera dibenahi, mengurangi impor migas dan menggenjot pembangunan kilang minyak (refinery).
  • Puan mengatakan, Ahok tak mesti mundur dari PDIP kalau hanya menjabat sebagai Komisaris Utama Pertamina karena anggota biasa, bukan pengurus partai.
  • Sementara itu, Ahok berharap ada dukungan dari masyarakat selama dia jadi Komisaris Utama Pertamina, misalnya lewat jalur pengaduan.
  • Tugas pengawasan bukan hal baru, karena ia juga mantan anggota DPR RI dari dapil Bangka Belitung mewakili Partai Golkar, periode 2009-2014.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 44 pemberitaan, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 24 pemberitaan. selanjutnya suara.com dengan 8 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 21:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 10:00 WIB dengan total 28 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh detik.com dengan 6073 interaksi, diikuti peringkat kedua suara.com dengan 4613 interaksi. Selanjutnya merdeka.com dengan 1163 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR