Ahok, Nabi Muhammad dan masjid balai kota

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (kiri) memukul gendang tanda dibukanya wisata Balaikota di gedung Balaikota, Jakarta, Sabtu (12/9).
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (kiri) memukul gendang tanda dibukanya wisata Balaikota di gedung Balaikota, Jakarta, Sabtu (12/9). | Muhammad Adimaja /ANTARA FOTO

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meresmikan proyek pembangunan masjid di lingkungan balai kota, Jumat, 18 September 2015. Masjid dua lantai ini dapat menampung hingga 1.513 orang.

Masjid ini dibangun di atas lahan yang sebelumnya digunakan untuk lokasi musala Fatahillah dan sebagian kecil dari Gedung Blok D. Kompas.com melaporkan pembangunan masjid yang merupakan inisiatif dari Gubernur Basuki ini direncanakan selesai Desember tahun ini.

Ahok -sapaan Basuki-- menginginkan pembangunan masjid di balai kota dapat berguna bagi seluruh masyarakat. Mantan bupati Belitung Timut ini pun meyebutkan Nabi Muhammad. "Bagaimana pejabat yang tiap kali datang (ke masjid) selalu diingatkan apa saja yang dilakukan Nabi Muhammad, yakni dengan konsep berbagi dan memperhatikan atau sharing and caring," kata Ahok.

Basuki mengaku malu karena Balai Kota atau Kantor Gubernur DKI tidak memiliki masjid, sedangkan Kantor Wali Kota memiliki masjid yang mewah dan bagus. "Melalui masjid, saya berharap pejabat berani menyuarakan suara rakyatnya. Bukan hanya kekurangan makan tapi juga menyuarakan hak mereka yang terzalimi," kata Ahok seperti dikutip merdeka.com.

Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI membangun masjid dan renovasi Blok D Balai Kota dengan anggaran sebesar Rp 18.838.138.000. Kepala Dinas Perumahan DKI Jakarta, Ika Lestari Aji mengatakan dana itu tak hanya digunakan untuk merenovasi musala Fatahillah menjadi masjid dan renovasi gedung Blok D yang selama ini digunakan sebagai ruang kerja petugas Satpol PP, kantin dan Bank DKI.

"Awalnya luas musala 546 meter persegi akan diubah menjadi gedung 2 lantai seluas 410 meter persegi di lantai pertama dan lantai kedua 594 meter persegi," katanya melalui RMOL.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR