RINGKASAN SETAHUN

Ahok, Setnov, dan pernikahan Kahiyang populer di peramban Opera Mini

Eks Ketua DPR RI dan Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto, selesai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (19/12/2017).
Eks Ketua DPR RI dan Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto, selesai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (19/12/2017). | Wahyu Putto A. /Antara Foto

Artikel apa saja yang populer di mata pembaca sepanjang 2017? Bila merujuk data peramban Opera Mini, 10 artikel terpopuler didominasi kabar politik dan perkawinan figur publik.

Menurut keterangan tertulis Opera, Rabu (20/12/2017), 10 artikel itu menyertai pencapaian 100 juta pengguna aktif bulanan dan penerapan kecerdasan buatan (Artificial Inteligence) agar berita sesuai perilaku pengguna.

Empat kabar politik adalah vonis penjara untuk Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, eks gubernur DKI Jakarta; Rizieq Shihab yang menjadi buronan; Setya Novanto menjadi tersangka korupsi proyek E-KTP, dan pelantikan Anies Baswedan-Sandiaga Uno sebagai Gubernur-Wakil Gubernur baru DKI Jakarta.

Kabar pelantikan Anies-Sandi di Istana Negara pada 16 Oktober lalu menjadi kabar terpopuler nomor 10. Ini tindak lanjut setelah mereka dinyatakan memenangi Pilkada DKI pada April dengan mengalahkan pasangan petahana Ahok-Djarot Saiful Hidayat.

Besarnya perhatian pada Anies-Sandi juga tak lepas dari kontroversi kasus hukum Ahok yang divonis melakukan penistaan agama Islam. Fakta menarik lainnya adalah jejak Anies yang diberhentikan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dari jabatan menteri pendidikan dan kebudayaan pada 2014.

Gunung Agung meletus

Di urutan sembilan terpopuler terdapat kabar bencana alam letusan Gunung Agung di Bali. Gunung setinggi 3.142 mdpl di Kabupaten Karanganyar itu mulai meletus pada 21 November sore waktu setempat (WITA).

Perhatian besar terhadap gunung ini begitu tinggi lantaran posisinya di Pulau Dewata, salah satu tujuan wisata paling populer di Indonesia dan mancanegara. Saat gunung meletus, pemerintah mengungsikan sedikitnya 60 ribu jiwa di radius 10 km dari puncak.

Kabar letusan Gunung Agung pun menjadi satu-satunya kabar bencana alam yang masuk kelompok berita terpopuler 2017 di peramban Opera Mini. Padahal pada kurun waktu yang berdekatan, sejumlah bencana seperti banjir, longsor, dan gempa bumi pun hadir.

Kabar tak lazim

Di manapun, pembaca selalu senang dengan kabar yang mengundang rasa heran dan tak lazim. Itu sebabnya perkawinan tak lazim antara Selamet Riyadi (16), masih di bawah umur legal (19 tahun), dengan nenek Rohaya (73) menjadi kabar terpopuler kelima.

Selamet menceritakan asmara timbul setelah Rohaya merawat dirinya saat menderita penyakit malaria. Rohaya pun mencintai Selamet yang lebih cocok menjadi cucunya itu.

Cinta mereka begitu kuat dan mengancam akan bunuh diri apabila tidak diizinkan menikah. Keduanya pun menikah secara siri (h/t BBC Indonesia) di Desa karangendah, Kecamatan Lengkiti, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, pada 2 Juli.

Kabar pernikahan Selamet dan Rohaya pun menyebar cepat di media sosial. Publik tak habis pikir bagaimana seorang remaja bersedia menikahi seorang nenek.

Selebritas dan narkoba

Kabar selebritas adalah salah satu jenis artikel kesukaan publik, apalagi ketika bersinggungan dengan narkoba. Pada 2017, sejumlah pesohor terjaring polisi dan Badan Narkotika Nasional (BNN) karena mengonsumsi zat terlarang.

Beberapa selebritas itu adalah pasangan komedian Tora Sudiro dan Mieke Amalia, penyanyi Ridho Rhoma, dan Pretty Asmara. Ridho, misalnya, sudah divonis 10 bulan penjara plus rehabilitasi pada 12 September.

Gabungan kabar selebritas dan narkoba ini masuk kabar terpopuler keempat pada peramban Opera Mini.

Pernikahan Kahiyang Ayu, Laudya Chyntia Bella dan Raisa

Keluarga besar Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana mengapit mempelai Kahiyang Ayu (empan kanan) dan  Bobby Nasution (tiga kiri) dalam resepsi "unduh mantu" di Medan, Sumatera Utara, 26 September.
Keluarga besar Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana mengapit mempelai Kahiyang Ayu (empan kanan) dan Bobby Nasution (tiga kiri) dalam resepsi "unduh mantu" di Medan, Sumatera Utara, 26 September. | Septianda Perdana /Antara Foto

Selain pernikahan tak lazim Selamet dan Rohaya, tiga pernikahan yang melibatkan pesohor pun populer pada 2017. Pernikahan "Royal Wedding" Kahiyang Ayu, puteri Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana, dengan Bobby Nasution menarik minat publik.

Kebetulan, acara pernikahan Kahiyang-Bobby digelar di dua kota; Solo (Jokowi Mantu) dan di Medan (unduh mantu) dengan interval waktu satu minggu pada November silam.

Meski begitu, kabar pernikahan Kahiyang-Bobby kalah populer dibanding hajatan dua pesohor lain; Laudya Cynthia Bella-Engku Emran dan Raisa dengan Hamish Daud.

Bila kabar pernikahan Kahiyang-Bobby menjadi kabar terpopuler kedelapan, pernikahan Laudya-Engku ada di posisi enam dan Raisa-Hamish duduk di posisi tujuh.

Yang menarik dari kabar pernikahan Raisa-Hamish adalah topik tren di Twitter dengan tagar "Hari Patah Hati Nasional". Tentu saja ini hanya lelucon khas warganet seraya menggambarkan betapa populernya biduanita Raisa di kalangan laki-laki dan Hamish di kalangan para perempuan.

Tiga besar didominasi kasus hukum

Kabar terpopuler di laman Opera Mini didominasi tokoh nasional yang terjerat hukum. Nomor satu adalah kabar soal vonis penjara bagi Ahok dalam kasus penistaan agama.

Ahok divonis bersalah oleh hakim pengadilan negeri Jakarta Utara karena merujuk sebuah ayat di dalam Al-Quran saat melakukan kunjungan kerja di Kepulauan Seribu pada 2016. Sebagian kalangan umat muslim pun bereaksi dan kemudian video pidato Ahok di Kepulauan Seribu dijadikan barang bukti pengaduan ke polisi.

Kasus Ahok begitu masif menyita pemberitaan nasional pada tahun ini. Bahkan sebagian kelompok muslim berkali-kali melakukan demo agar Ahok diseret ke pengadilan.

Bekas gubernur DKI ini sekarang menjalani hukuman dua tahun di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Keputusan hakim pun menjadi pukulan telak bagi Ahok karena dirinya dan Djarot pun kalah dari Anies-Sandiaga dalam Pilkada DKI 2017.

Kabar terpopuler kedua adalah status tersangka Rizieq Shihab, pendiri dan pemimpin kelompok Front Pembela Islam (FPI), dalam kasus pornografi. Rizieq disangka tersangkut kasus asusila setelah obrolannya dengan seorang perempuan lewat aplikasi pesan singkat bocor ke publik.

Namun kasus ini belum tuntas karena Rizieq kini buron ke luar negeri. Kabar terakhir menyatakan, warga Petamburan (Jakarta Barat) ini masih berada di Arab Saudi dan belum ketahuan kapan bakal pulang.

Sementara kabar terpopuler ketiga adalah status tersangka Setya Novanto (Setnov) dalam kasus korupsi proyek E-KTP. Boleh jadi inilah kasus yang gaungnya bisa menyaingi kasus Ahok meski hanya berada di posisi ketiga.

Kasus Setnov bahkan sempat diawali dengan drama kemenangan praperadilan atas KPK, mengaku sakit, dan kecelakaan mobil di Jakarta Selatan yang dinilai sandiwara oleh warganet. Dimensi kasus ini juga diwarnai dua babak status tersangka.

Bekas ketua DPR dan ketua umum Partai Golkar itu kini mendekam di rumah tahanan KPK serta sedang melakoni proses hukum dan pengadilan.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR