SOROTAN MEDIA

Akses internet Papua Barat sudah pulih

Ilustrasi: Pekerja melakukan perawatan jaringan di salah satu menara Base Transceiver Station (BTS).
Ilustrasi: Pekerja melakukan perawatan jaringan di salah satu menara Base Transceiver Station (BTS). | Syaiful Arif/hp / ANTARA FOTO

Seiring membaiknya kondisi keamanan di Papua, Kementerian Komunikasi dan Informatika mencabut pembatasan akses internet. Sejak (11/9/2019) akses internet di Provinsi Papua Barat sudah normal kembali.

Menurut Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu, untuk Provinsi Papua tinggal dua kota yang masih mengalami pembatasan akses internet, yaitu: Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

Ringkasan

  • Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) sudah sepenuhnya membuka akses data internet di Papua Barat setelah beberapa minggu belakangan diblokir menyusul kericuhan yang terjadi di Papua dan Papua Barat.
  • Pemerintah sudah membuka akses internet di 11 kabupaten di Papua Barat secara bertahap sejak 4 September, yaitu Fak Fak, Sorong Selatan, Raja Ampat, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Kaimana, Tambrauw, Maybrat, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak dan Kabupaten Sorong.
  • Akses internet di dua kota terakhir di Papua Barat, Manokwari dan Sorong dibuka mulai Rabu (11/9/2019) setelah dipastikan kondisi di dua kota tersebut dinyatakan kondusif.
  • Sementara itu, untuk wilayah Papua, pembatasan layanan data internet masih dilakukan di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 8 pemberitaan, diikuti peringkat kedua merdeka.com dan kompas.com dengan 3 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 02:00 hingga 21:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 16:00 WIB dengan total 11 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh kompas.com dengan 56 interaksi, diikuti peringkat kedua liputan6.com dengan 14 interaksi. Selanjutnya teropongnews.com dengan 10 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR