PERDAGANGAN

Alfamart andalkan 5 fitur dalam versi baru aplikasi Alfagift

Tampilan depan aplikasi Alfagift milik Alfamart di ponsel iPhone yang diakses pada Senin (19/8/2019)
Tampilan depan aplikasi Alfagift milik Alfamart di ponsel iPhone yang diakses pada Senin (19/8/2019) | Alfamart

Untuk pertama kali, gerai belanja Alfamart membarui aplikasi digital Alfagift miliknya. Mereka menyebutnya sebagai aplikasi 4.0 yang bisa diunduh melalui Google Play dan App Store.

Peluncuran Alfagift 4.0 yang disebut mengusung lima fitur unggulan dilakukan di Pullman Hotel, Central Pak, Jakarta, Senin (18/8/2019). Direktur Marketing Alfamart, Ryan Alfons Kaloh, mengatakan Alfagift 4.0 merupakan inovasi untuk merangkul konsumen lebih baik dan lebih cepat.

Menurut Ryan, Alfamart sekarang menghadapi situasi pasar yang lebih terserak dan kompleks. Itu sebabnya mereka membutuhkan sebuah aplikasi dengan fitur baru.

"Kita sudah mengembangkan banyak sekali aplikasi, mulai dari program microsite, kita punya juga transaksional Alfacart, kita punya program Ponta yang semuanya masih berdiri terpisah," ujar Ryan.

Lebih lanjut dijelaskan, aplikasi itu menjadi perpanjangan tangan keberadaan Alfamart di media sosial yang sudah memiliki sekitar 20 juta pengikut. Media sosial menjadi sarana Alfamart untuk mempromosikannya, sementara aplikasi diharapkan menjadi nilai tambah untuk konsumen dalam berbelanja.

Ryan mengungkapkan lima fitur unggulan aplikasi baru Alfagift. Pertama, fitur rekomendasi agar pola belanja sesuai dengan masing-masing konsumen.

Kedua adalah fitur personalisasi berupa penawaran produk kepada segmen konsumen tertentu. "Penawaran ini bisa disampaikan lewat pesan singkat atau voucher kupon yang diberikan lewat aplikasi Alfagift," katanya.

Lalu ketiga, fitur hadiah yang di dalamnya ada pula Alfa Stamp yang biasanya diperoleh konsumen seusai belanja dengan nominal tertentu. Jadi dalam fitur ini akan terdapat pelbagai macam hadiah atau promosi.

Keempat adalah fitur Alfa Stars yang memberi fasilitas kepada para member Alfamart dengan status perunggu hingga platinum. Lagi-lagi, fitur ini menyediakan hadiah.

Fitur kelima atau yang terakhir adalah cara menemukan Alfamart. Misalnya konsumen ingin mencari gerai yang ada ATM atau toilet.

Alfamart menargetkan aplikasi Alfagift terbaru ini bisa diunduh oleh lima juta pengguna. Target itu, menurut Ryan, bukan hal mustahil karena member Alfamart saat ini 11 juta.

Di sisi lain, Presiden Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk sebagai induk Alfamart, Anggara Hans Prawira, mengatakan Alfagift 4.0 akan memudahkan konsumen memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Hans menyebut Alfagift 4.0 adalah transformasi dari versi terdahulu yang diluncurkan pada 2015 hanya aplikasi promosi. "...Kita melihat bahwa dengan semakin tingginya kebutuhan konsumen untuk tidak hanya berinteraksi secara digital, tapi juga bisa bertransaksi secara digital," ujar Hans dalam siaran pers.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR