INFOGRAFIK

Amblesnya Jalan Raya Gubeng Surabaya

Infografik amblesnya Raya Gubeng Surabaya.
Infografik amblesnya Raya Gubeng Surabaya. | Sandy N /Beritagar.id

Selasa malam lalu, warga Surabaya yang berada di Jalan Raya Gubeng dikejutkan amblesnya jalan raya itu. Ruas jalan itu ambles sedalam 20 meter.

Tiang listrik ambruk lalu terdengar ledakan. Sejumlah warga yang ada di lokasi berhamburan. Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Amblesnya jalan itu diduga karena ada kesalahan konstruksi pembangunan basement yang sedang dilakukan RS Siloam yang ada di daerah itu. Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya, Eri Cahyadi, kesalahan konstruksi itu karena dinding penahan jalan atau retaning wall tidak mampu menahan beban.

Untuk meneliti penyebabnya, BPPT menerjunkan timnya. Menurut Kabag Program dan Anggaran Pusat Teknologi Reduksi Resiko Bencana BPPT Nur Hidayat, saat melihat lokasi dia menemukan retakan sekitar 3-5 cm yang disebabkan karena aktivitas proyek. Mayoritas retakan berbentuk garis horizontal. Retakan banyak terlihat pada tembok penahan sisi Barat.

Kontraktor proyek RS Siloam, PT NKE mengakui adanya penurunan tanah saat membangun basement rumah sakit itu. “Kami stop, berhentikan dulu pengerjaan dua bulan untuk mengevaluasi,” kata Direktur Utama PT NKE Djoko Eko Suprastowo seperti dikutip Jatimnet.com.

Untuk memastikan apakah ada unsur kesengajaan atau kelalaian, aparat kepolisian kini sudah memeriksa 30an orang mulai dari saksi dan pekerja proyek itu.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR