FAKTA DATA CALON IBU KOTA

Ancaman wabah calon ibu kota

Wajah wabah calon ibu kota.
Wajah wabah calon ibu kota. | Lokadata /Lokadata

Terancam wabah | Sempat jadi momok dalam sejarah kesehatan nasional pada tahun 2000-an, virus mematikan H5N1 tidak pernah menjangkiti calon ibu kota baru, Sambal Terong Pedas (Samarinda Balikpapan Tenggarong Penajam dan sekitarnya). Padahal, virus ini menyerang 28 desa di penjuru negeri.

Bukan berarti bebas epidemi, rekam jejak wabah lain masih nyata di Sambal Terong Pedas yang digadang jadi pengganti ibu kota Jakarta. Wabah diare misalnya, mendominasi 24 desa dengan 451 penderita--hampir setengah total penderita diare di Jabodetabek. Bahkan, wabah malaria menjangkiti 14 desa di Sambal Terong Pedas, sama dengan Jabodetabek.

Jika ibu kota jadi pindah, proporsi penderita wabah penyakit di Sambal Terong Pedas yang saat ini mencapai 0,03 persen sangat mungkin bertambah. Pasalnya, ada perubahan arus manusia dan kegiatan vital nasional.

Mitigasi adalah kunci. Kekuatan barikade dalam sektor kesehatan menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi pemerintah, walau nyatanya tidak ada satu negara pun yang mampu terbebas dari ancaman epidemi, bahkan negara maju sekalipun.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR