PROGRAM TELEVISI

Beda pendapat di balik pelarangan iklan ''Blackpink'' Shopee

Grup K-Pop Blackpink asal Korea Selatan yang menjadi bintang iklan Shopee
Grup K-Pop Blackpink asal Korea Selatan yang menjadi bintang iklan Shopee | Shopee /YouTube

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melayangkan peringatan keras kepada 11 stasiun televisi yang menayangkan iklan Shopee dan acara “Shopee Road to 12.12 Birthday Sale”. Di sisi lain, Lembaga Sensor Film (LSF) menyatakan iklan itu lulus sensor.

Komisioner sekaligus Koordinator bidang Isi Siaran KPI Pusat, Hardly Stefano, menyatakan dalam siaran pers KPI, pihaknya menilai tayangan iklan “Shopee” dan program acara “Shopee Road to 12.12 Birthday Sale” berpotensi bertentangan dengan norma kesopanan yang dianut masyarakat Indonesia secara umum.

Siaran iklan dan program acara tersebut dinilai tidak memperhatikan ketentuan dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS).

KPI Pusat menilai muatan dalam iklan dan acara tersebut berpotensi melanggar Pasal 9 P3SPS KPI Tahun 2012 tentang kewajiban program siaran memperhatikan norma kesopanan dan kesusilaan yang dijunjung oleh keberagaman khalayak terkait budaya.

Pasal itu berbunyi, "Lembaga penyiaran wajib menghormati nilai dan norma kesopanan dan kesusilaan yang berlaku dalam masyarakat."

Pernyataan tersebut disampaikan KPI dalam surat peringatan untuk 11 stasiun televisi nasional dan ditandatangani Ketua KPI Pusat, Yuliandre Darwis, Selasa (11/12/2018).

Adapun 11 stasiun televisi yang kena surat peringatan tersebut yakni Trans TV, RCTI, RTV, MNC TV, Indosiar, TV One, ANTV, Trans7, GTV, Net, dan SCTV.

Terbitnya surat peringatan KPI, menurut Hardly Stefano, diharapkan membuat lembaga penyiaran segera menghentikan penayangan iklan “Shopee” dimaksud, dan menggantinya dengan tampilan lain yang tidak menimbulkan persepsi negatif.

“Jika kami masih menemukan tayangan yang sama sebagaimana dimaksud dalam surat peringatan, KPI akan menjatuhkan sanksi sesuai dengan regulasi yang ada,” tegasnya.

Dalam surat itu diterangkan, siaran iklan dimaksud menampilkan beberapa wanita yang menyanyi dan menari dengan pakaian minim. Hal yang sama terdapat program yang menampilkan beberapa wanita menyanyi dan menari dengan pakaian minim.

Tokoh dalam iklan dan acara dimaksud, adalah personel Blackpink--grup K-pop pertama dengan tiga musik video berpenonton lebih dari 400 juta di YouTube.

Menurut pihak Shopee, mereka sudah berkoordinasi dengan semua pihak yang mengatur waktu penayangan iklan tersebut agar lebih tepat sasaran kepada pengguna dan calon pengguna sesuai target mereka.

"Sesuai dengan lini waktu yang sudah kami agendakan, penayangan iklan tersebut memang akan berganti dengan promo Shopee 12.12 Shopee Birthday Sale pada Selasa (11 Desember 2018)..," kata Country Brand Manager Shopee Indonesia, Rezki Yanuar, lewat keterangan tertulisnya.

Selain mendapat peringatan KPI, penolakan terhadap iklan ini sempat disuarakan lewat petisi online oleh Maimon Herawati, dan sudah diteken lebih dari 90.000 kali lewat change.org. Petisi tersebut, menuai reaksi dalam bentuk petisi pula.

Iklan telah dinyatakan lulus sensor

Lembaga Sensor Film (LSF)--lembaga resmi pemerintah yang dibentuk berdasar UU Perfilman untuk menyensor dan melabel tayangan--menyatakan telah mengeluarkan surat keterangan lulus sensor terhadap materi tersebut.

Iklan berjudul "Shopee Road To 12.12 Birthday Sale" berdurasi 30 detik maupun 15 detik, telah mengantongi tanda "lulus sensor" sebagai tayangan untuk Klasifikasi Usia 13 tahun ke atas, per 15 November 2018 silam.

"Pada dasarnya LSF menyensor film, iklan, sesuai kaidah yang ada. Kita sudah putuskan iklan tersebut untuk 13 tahun, bagi LSF itu sudah selesai," kata Ketua LSF, Ahmad Yani Basuki, kepada Kumparan, Rabu (12/12).

LSF berpendapat materi iklan tersebut tidak melanggar aturan yang menjadi dasar ketentuan--UU No 33 tahun 2009 tentang Perfilman dan Peraturan Pemerintah No. 18 tahun 2014 tentang Sensor Film.

Meski demikian, Yani menyatakan untuk aturan penayangannya di televisi, bukan lagi domain LSF. "... Sedangkan soal jam tayang, bagaimana patutnya TV menayangkan, itu domain KPI," urai Yani.

Jam tayang program diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran. Misalnya program dengan klasifikasi “A”, utamanya disiarkan dari pukul 05.00 hingga pukul 18.00 waktu setempat. Klasifikasi ini untuk khalayak anak-anak berusia 7- 12 tahun.

Sedangkan iklan Shopee, yang diklasifikasikan sebagai tayangan untuk usia 13 tahun ke atas, seharusnya ditayangkan sesuai aturan Klasifikasi “R”. Klasifikasi ini dikhususkan untuk khalayak remaja yang berusia 13-17 tahun.

Aturan untuk klasifikasi ini, menurut Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) KPI tahun 2012 tersebut, tidak dijelaskan kapan waktu siarnya.

Begitu pula dalam Surat Keputusan KPI No. 009/SK/KPI/8/2004 tentang Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program siaran (PPP/SPS), tidak mengatur secara jelas waktu tayang acara sesuai klasifikasi tersebut.

Adapun acara yang dilarang menyasar klasifikasi ini, di antaranya memuat dorongan untuk percaya pada kekuatan paranormal, klenik, praktek spiritual magis, supranatural, dan/atau mistik; materi yang mengganggu perkembangan kesehatan fisik dan psikis remaja, seperti seks bebas, gaya hidup konsumtif, hedonistik, dan/atau horor.

Sementara, KPI dalam suratnya kepada pengelola televisi tidak menyoroti jam tayang iklan yang sedang diributkan itu. Mereka justru menyoroti kontennya--dengan argumen Pasal 9 P3SPS KPI Tahun 2012--yang justru diklaim layak tayang oleh LSF.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR