SOROTAN MEDIA

Babak akhir pencarian figur berintegritas komisioner KPK

Ilustrasi: Warga mendukung Pansel Capim KPK dengan mengusung poster bertuliskan Selamat Bekerja Pansel KPK.
Ilustrasi: Warga mendukung Pansel Capim KPK dengan mengusung poster bertuliskan Selamat Bekerja Pansel KPK. | Maulana Surya/wsj /ANTARA FOTO

Pendaftaran Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) periode 2019-2023 dijadwalkan berakhir Kamis petang (4/7/2019).

Indonesia Corruption Watch (ICW) meminta Panitia Seleksi Capim KPK memastikan figur yang mendaftar dan yang terpilih mempunyai integritas yang tinggi. Tantangan ke depan bagi KPK sangat kompleks. Tidak sekadar penindakan dan pencegahan, pengembalian kerugian negara melalui tindak pidana pencucian uang (TPPU) juga harus menjadi fokus.

Sampai siang ini sebanyak 205 orang sudah mendaftar ke Pansel Capim KPK.Ketua Pansel Capim KPK Yenti Garnasih optimistis, Pansel bisa menyodorkan capim KPK yang memenuhi harapan.

Ringkasan

  • Pendaftaran calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan ditutup malam nanti (4/7/2019)
  • Sebanyak 205 orang sudah mendaftarkan ke Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Pansel Capim) KPK periode 2019-2023.
  • Latar belakang pendaftar, beragam. Tercatat 40 orang akademisi, 43 advokat atau konsultan hukum, 18 orang dari korporasi, 13 jaksa atau hakim, 8 anggota Polri, 3 auditor, 2 komisioner atau pegawai KPK, serta sisanya berlatar belakang lain.
  • Pendaftaran capim KPK dari waktu ke waktu cukup fluktuatif. Periode 2015-2019 tercatat ada 609 pendaftar, periode 2011-2015 ada 233 pendaftar, sedangkan periode 2007-2011 terdapat 661 pendaftar.
  • Tantangan KPK ke depan semakin berat, fokus tak bisa hanya pada penindakan dan pencegahan, tapi juga tindak pidana pencucian uang yang biasanya menyertai korupsi.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh liputan6.com dengan 7 pemberitaan, diikuti peringkat kedua tribunnews.com dengan 6 pemberitaan. selanjutnya detik.com dengan 3 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 11:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 09:00 WIB dengan total 6 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh liputan6.com dengan 187 interaksi, diikuti peringkat kedua detik.com dengan 90 interaksi. Selanjutnya tribunnews.com dengan 16 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR