SOROTAN MEDIA

Bahar bin Smith divonis 3 tahun penjara

Terdakwa kasus dugaan penganiayaan terhadap remaja Bahar bin Smith mencium bendera Merah Putih seusai menjalani sidang putusan di gedung Arsip dan Perpustakaan, Bandung, Jawa Barat, Selasa (9/7/2019).
Terdakwa kasus dugaan penganiayaan terhadap remaja Bahar bin Smith mencium bendera Merah Putih seusai menjalani sidang putusan di gedung Arsip dan Perpustakaan, Bandung, Jawa Barat, Selasa (9/7/2019). | M Agung Rajasa /Antara Foto

Bahar Bin Smith divonis bersalah dengan hukuman pidana tiga tahun penjara dan denda Rp50 juta, subsider satu bulan kurungan penjara. Dia terbukti melakukan penganiayaan terhadap dua remaja.

Sidang putusan atau vonis dibacakan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Bandung yang digelar di Gedung Perpustakaan dan Arsip, Jalan Seram, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (9/7/2019) siang.

Terdakwa dan kuasa hukumnya masih pikir-pikir untuk melakukan banding atas vonis tersebut. Menurut hakim, Bahar bersalah sesuai pasal Pasal 333 ayat (2) KUHPidana dan atau Pasal 170 ayat (2) dan Pasal 80 ayat (2) Jo Pasal 76 C Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Ringkasan

  • Ketua Majelis Hakim Edison Muhammad yang membacakan vonis mengatakan, terdakwa secara sah terbukti melakukan penganiayaan terhadap dua remaja.
  • Majelis Hakim menilai perbuatan terdakwa perkara penganiayaan dua remaja, Bahar Smith dapat mencoreng nama baik ulama maupun institusi pendidikan agama.
  • Vonis Bahar ini lebih rendah 3 tahun dibanding tuntutan jaksa yang sebelumnya menuntut 6 tahun penjara dan denda Rp50 juta subsider 3 bulan kurungan.
  • Kasus bermula dari adanya laporan kasus penganiayaan ke Polres Bogor, Rabu (5/12/2018) dengan laporan polisi nomor LP/B/1125/XI/I/2018/JBR/Res. Bgr.
  • Bahar bin Smith saat itu dilaporkan atas dugaan melakukan penganiayaan dua remaja MHU dan JA di sebuah pesantren di Kampung Kemang Bogor pada Sabtu (1/12/2018) sekitar pukul 11.00 WIB.
  • Dalam sidang pemeriksaan terdakwa di Pengadilan Negeri Bale Bandung, yang menggunakan ruangan Gedung Kantor Arsip, Jalan Seram, Kamis (23/5/2019), terdakwa mengakui kesalahannya menganiaya MHU dan JA.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 28 pemberitaan, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 22 pemberitaan. selanjutnya covesia.com dengan 6 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 04:00 hingga 22:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 15:00 WIB dengan total 31 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh kompas.com dengan 5102 interaksi, diikuti peringkat kedua okezone.com dengan 1557 interaksi. Selanjutnya merdeka.com dengan 985 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR