SOROTAN MEDIA

Bambu Getah-Getih senilai Rp550 juta dibongkar

Petugas Suku Dinas Kehutanan Jakarta Pusat mengganti tanaman yang rusak di sekitar instalasi bambu Getah Getih, Jakarta, Minggu (23/6/2019).
Petugas Suku Dinas Kehutanan Jakarta Pusat mengganti tanaman yang rusak di sekitar instalasi bambu Getah Getih, Jakarta, Minggu (23/6/2019). | Dhemas Reviyanto /ANTARA FOTO

Bambu Getah-Getih di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) dibongkar Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Umur karya seni Rp550 juta itu tak sampai satu tahun.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meminta Joko Avianto membuatnya dalam rangka Asian Games 2018. Karya seni bambu Getah-getih diperkirakan bertahan enam bulan.

Anies dianggap melakukan pemborosan. Sementara warga menyayangkan pembongkarannya.

Ringkasan

  • Instalasi bambu Getah-Getih di Bundaran HI dibongkar petugas Pemprov DKI, Rabu (17/7/2019) malam.
  • Kepala Dinas Perhutanan DKI Suzi Marsitawati mengatakan, kondisinya merapuh di berbagai sisi. Jalinan bambu yang dipasang melingkar memanjang mulai terlepas dan berjatuhan.
  • Kondisi lingkungan di Jakarta diklaim memperpendek usia bambu. Pasalnya, udara di Ibu Kota dinilai kotor. Karya seni Rp550 juta itu rencananya akan diganti dengan taman.
  • Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta akan memanggil Dinas Kehutanan Pertamanan dan Pemakaman.
  • Menurut Sekretaris Komisi D Bidang Pembangunan DPRD DKI Jakarta, Pandapotan Sinaga, masyarakat perlu mendapat penjelasan dari pemerintah karena biaya untuk pembangunan dan pemasangan karya seni itu tidak murah.
  • Fraksi NasDem DKI mengkritik instalasi seni yang dibongkar setelah 11 bulan. Hal itu dianggap pemborosan anggaran.
  • Sejumlah warga Jakarta menyayangkan pembongkaran bambu Getah-Getih. Warga menilai instalasi seni itu sudah jadi ikon kawasan tersebut.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh medcom.id dan antaranews.com dengan 5 pemberitaan, diikuti peringkat kedua detik.com dengan 4 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 02:00 hingga 15:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 14:00 WIB dengan total 11 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh cnnindonesia.com dengan 14087 interaksi, diikuti peringkat kedua detik.com dengan 7417 interaksi. Selanjutnya merdeka.com dengan 3455 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR