SOROTAN MEDIA

Barisan ''oposisi'' menggalang koalisi

Presiden PKS Sohibul Iman (kiri) berbincang dengan Ketua Umum Partai Berkarya, Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto saat konferensi pers di kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Selasa (19/11/2019)
Presiden PKS Sohibul Iman (kiri) berbincang dengan Ketua Umum Partai Berkarya, Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto saat konferensi pers di kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Selasa (19/11/2019) | Sigid Kurniawan /Antara Foto

Pertemuan elite PKS dan Partai Berkarya di DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Selasa (19/11/ 2019) sore memunculkan wacana kongsi oposisi pemerintah. Pertemuan yang berlangsung lebih kurang satu jam itu melahirkan lima butir kesepahaman, salah satunya soal koalisi dalam Pilkada 2020.

PKS akan meneruskan safari politik ke partai-partai di luar pendukung pemerintah, seperti Demokrat dan PAN. Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman mengklaim, pihak Demokrat sudah menanyakan kapan PKS berkunjung ke markas mereka dan bertemu Sang Ketum, Suslilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Wakil Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Fahri Hamzah sebagai mantan kader PKS, mengatakan pertemuan kedua pihak bukan untuk menjadi kongsi oposisi pemerintah. Indonesia menggunakan sistem presidensial, karenanya dia menilai pertemuan itu merupakan pertemuan biasa antarpartai politik.

Ringkasan

  • Wakil Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Fahri Hamzah menilai Partai Berkarya akan bersinergi dengan PKS di Pilkada 2020.
  • Fahri mengomentari pertemuan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Berkarya (PB) yang disebut-sebut menggalang barisan oposisi pemerintah.
  • Pertemuan pada Selasa sore (19/11/2019) itu dikabarkan membahas kerja sama untuk memenangkan Pilkada 2020.
  • Ketua Badan Perencanaan Dewan Pimpinan Pusat PKS Bukhori Yusuf mengatakan PKS tidak risau dengan masa lalu Ketua Umum Partai Berkarya, Tommy Soeharto.
  • Sedangkan Tommy yang menyadari tak ada oposisi dalam sistem politik di Indonesia, menyatakan mereka siap untuk selalu mendukung kebijakan prorakyat.
  • Setelah menggelar pertemuan dengan pengurus NasDem dan Berkarya, PKS bakal menjalin silaturahmi politik dengan fungsionaris Demokrat dan PAN.
  • Sebelumnya PKS juga telah melakukan safari politik dengan fungsionaris Nasdem di kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Rabu (30/10).

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 5 pemberitaan, diikuti peringkat kedua cnnindonesia.com dengan 3 pemberitaan. selanjutnya detik.com dengan 2 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 09:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 01:00 WIB dengan total 5 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh cnnindonesia.com dengan 143 interaksi, diikuti peringkat kedua kumparan.com dengan 136 interaksi. Selanjutnya tempo.co dengan 36 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR