RINGKASAN SEPEKAN

Bayang Jokowi, hoax membangun, dan tawa Jedun

Rangkuman foto dari artikel menarik pekan pertama 2018
Rangkuman foto dari artikel menarik pekan pertama 2018 | Istimewa /ANTARA/EPA

Belum genap pekan pertama tahun 2018 dilewati, kabar seputar politik sudah ramai menghiasi pemberitaan media massa nasional.

Tengok saja kabar soal elektabilitas Joko "Jokowi" Widodo yang terus meroket, perlahan meninggalkan rivalnya, Prabowo Subianto, jauh di belakang.

Bukan hanya itu saja, ada nama baru muncul dalam pesta politik yang puncaknya baru akan terjadi 2019 nanti, yakni mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar, atau yang lebih dikenal dengan panggilan "Cak Imin".

Isunya, Cak Imin digadang-gadang akan dipasangkan dengan Jokowi dalam pertarungan kursi presiden periode mendatang.

Dari tingkat di bawah kepresidenan, kompetisi memperebutkan kursi kepala daerah juga makin ramai. Awal tahun ini riuh keramaian muncul dari poros paling timur pulau Jawa. Bupati Banyuwangi, Azwar Anas, tiba-tiba membatalkan pencalonan dirinya jelang penutupan pendaftaran peserta Pilkada 2018.

Tri Rismaharini, yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pun langsung muncul sebagai pengganti Azwar.

Dari tingkat nasional, ada empat kabar yang cukup ramai dibicarakan pada pekan pertama 2018 ini. Kabarnya pun beragam, dari mulai kepastian pemindahan ibu kota Jakarta, peresmian kereta bandara Soekarno-Hatta, penangkapan artis Jennifer Dunn karena kasus narkoba, dan kontroversi celotehan Djoko Setiadi.

Sementara, keriuhan yang dibuat Presiden Amerika Serikat Donald Trump setelah mengumumkan Yerusalem sebagai ibu kota Israel juga masih ramai. Kali ini, Trump semakin memanaskan suasana dengan mengancam akan menghentikan pengiriman dana bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Palestina.

Untuk mengetahui lebih lengkap ketujuh kabar menarik sepanjang pekan pertama 2018 (1-6 Januari 2018), sila simak salindia berikut ini.

Kereta bandara, kaus Jokowi, dan harga tiket

Presiden Joko Widodo (berkaus merah kiri) bersama Menteri Perhubungan Budi Karya (kedua kiri), Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin (kiri) serta tamu undangan Muhaimin Iskandar (kanan) saat mencoba kereta api bandara dari Bandara Soekarno Hatta menuju Stasiun Sudirman Baru, Tangerang, Banten (2/1/2018)
Presiden Joko Widodo (berkaus merah kiri) bersama Menteri Perhubungan Budi Karya (kedua kiri), Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin (kiri) serta tamu undangan Muhaimin Iskandar (kanan) saat mencoba kereta api bandara dari Bandara Soekarno Hatta menuju Stasiun Sudirman Baru, Tangerang, Banten (2/1/2018) | Rosa Panggabean /ANTARAFOTO

Selasa (2/1/2018), Presiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan kereta api Bandara Soekarno-Hatta. Jokowi tiba di Integrated Building Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Jokowi didampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno, Menkopolhukam Wiranto, Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Turut hadir bersama mereka adalah Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar.

Jokowi datang mengenakan kaus merah lengan panjang, celana hitam, dan sepatu kets berwarna senada dengan kausnya, saat peresmian kereta bandara. Sementara para menteri tampil formal dengan mengenakan pakaian batik lengan panjang.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan pengoperasian kereta Bandara Soekarno-Hatta," kata Jokowi.

Kereta bandara terdiri dari enam rangkaian gerbong dengan daya angkut total 272 penumpang untuk setiap perjalanan. Saat ini dijadwalkan ada total 42 perjalanan dari dan menuju bandara setiap harinya.

Waktu tempuh menuju Bandara Soekarno-Hatta dengan menggunakan kereta bandara diperkirakan 54 menit dengan rute Stasiun Manggarai-Sudirman Baru-Duri-Batu Ceper-Bandara Soekarno-Hatta, dan sebaliknya. Kereta berangkat setiap 30 menit.

Saat ini, jadwal perjalanan paling awal dari stasiun Sudirman Baru pukul 03.51 WIB dengan kedatangan di bandara 04.48 WIB. Sedangkan jadwal paling akhir dari Sudirman Baru adalah pukul 21.51 WIB dengan kedatangan di bandara pukul 22.48 WIB.

Keberangkatan dari Bandara Soetta paling awal 06.10 WIB dengan kedatangan di Stasiun Sudiman Baru pukul 07.06 WIB. Jadwal paling akhir dari Bandara Soetta adalah 23.10 dengan kedatangan di Stasiun Sudirman Baru 00.06 WIB.

Ketika pertama kali diperkenalkan kepada publik dan menjalani masa uji coba, tarif satu kali perjalanan adalah Rp30 ribu. Tetapi kini, setelah diresmikan, tarifnya naik menjadi Rp70 ribu.

Azwar Anas batal dampingi Gus Ipul

Bupati Banyuwangi Azwar Anas (baju hitam) membatalkan pencalonan wakil gubernur Jatim pada Pilkada 2018.
Bupati Banyuwangi Azwar Anas (baju hitam) membatalkan pencalonan wakil gubernur Jatim pada Pilkada 2018. | Budi Candra Setya /ANTARAFOTO

Menjelang penutupan pendaftaran peserta Pilkada 2018, Azwar Anas mundur dari gelanggang.

Bupati Banyuwangi (Jatim) ini membatalkan dirinya sebagai pendamping bakal calon gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dari PKB. Pengganti Anas di kursi bakal calon wakil gubernur adalah Tri Rismaharini.

Kepastian langkah Wali Kota Surabaya tersebut ditandai keberadaan dirinya di Jakarta untuk menemui Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Adapun keputusan Anas melepas status bacawagub Jatim sudah dilaporkan pula ke PDIP.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan mencari dan menjadi (calon) pemimpin memang tidak mudah. Dinamika politiknya pun tinggi, apalagi di Jatim.

Hasto kemudian memberi contoh bagaimana Partai Gerindra gagal mengajak Yenny Wahid menjadi bakal calon gubernur. Putri kedua almarhum Gus Dur (Presiden ketiga RI) itu tidak mendapat restu dari para sesepuh NU untuk masuk arena Pilkada Jatim.

Sosok Djoko Setiadi dan "hoax membangun"

Mayjen TNI Djoko Setiadi mengucapkan sumpah jabatan sebagai Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) saat pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (3/1/2017).
Mayjen TNI Djoko Setiadi mengucapkan sumpah jabatan sebagai Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) saat pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (3/1/2017). | Puspa Perwitasari /ANTARAFOTO

Presiden Joko Widodo resmi melantik Mayjen TNI Djoko Setiadi sebagai Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) di Istana Negara, Rabu (3/1/2018).

Djoko yang sepanjang kariernya banyak bergelut di lembaga sandi negara, memimpin BSSN untuk menjaga keamanan negara di sektor digital seperti mencegah masuknya serangan siber.

Djoko Setiadi dilantik sebagai Kepala BSSN berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 130/P Tahun 2017. Djoko sebelumnya menjabat Kepala Lembaga Sandi Negara Indonesia.

BSSN merupakan peleburan dari dua institusi, yaitu Lembaga Sandi Negara dan Direktorat Keamanan Informasi serta Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo.

Namun, usai dilantik, Djoko mengutarakan sebuah pernyataan yang membuat ramai netizen. Djoko mempersilakan warganet membuat hoax yang membangun, meski tak dijelaskan seperti apa wujud hoax yang membangun itu.

"Tentu hoax ini kita lihat, ada yang positif dan negatif. Saya imbau kepada kawan-kawan, putra-putri bangsa indonesia ini, mari sebenarnya kalau hoax itu hoax membangun ya silakan saja," kata Djoko.

Ihwal "hoax membangun" itu sempat ramai menjadi perbincangan warganet. Sejumlah pengguna media sosial membuat defisini sendiri istilah itu berupa meme bertema politik sampai kehidupan sehari-hari.

Djoko pun kembali memaparkan definisinya. "Ya tentunya yang membantu memberikan masukan, ide, saran pada pemerintah. Yang bersifat konstruktif," ujarnya.

Tawa Jennifer Dunn dalam seragam oranye

Artis Jeniffer Dunn (kedua kiri) dibawa petugas kepolisian untuk dihadirkan dalam rilis pengungkapan kasus narkoba di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (2/1/2018).
Artis Jeniffer Dunn (kedua kiri) dibawa petugas kepolisian untuk dihadirkan dalam rilis pengungkapan kasus narkoba di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (2/1/2018). | Hafidz Mubarak A /ANTARAFOTO

Belum lama beritanya viral di media sosial, Jennifer Dunn (28) kembali membuat sensasi. Aktris yang mulai berkarier pada 2004 ini kembali diciduk polisi karena kasus narkoba.

Perempuan yang populer dengan nama alias Jedun ini ditangkap setelah memesan sabu kepada seorang laki-laki berinisial FS. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (2/1/2018) menjelaskan bahwa FS ditangkap lebih dulu.

FS ditangkap di Jl. Rukun No 27, Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, pada Minggu (31/12/2017) sore. Penangkapan FS diawali oleh informasi bahwa di rumahnya sering terjadi penyalahgunaan narkotika.

FS sempat kabur dari belakang rumah dan berusaha melompat dari atas genting ke rumah tetangganya. FS mengalami patah tulang saat itu sehingga polisi membawanya ke Rumah Sakit Polri di Kramat Jati, Jakarta Timur.

Dari hasil penangkapan FS, polisi melacak para pembeli narkoba darinya. Pelacakan tersebut mengarahkan polisi ke Jl Bangka XI, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, yang tak lain merupakan rumah Jennifer.

Pada jumpa pers di Markas Polda Metro Jaya, Jakarta, Jennifer pun dihadirkan dengan mengenakan pakaian oranye khas tahanan.

Namun perempuan kelahiran 10 Oktober 1989 tersebut tak seperti kebanyakan orang yang baru ditangkap polisi karena terus menebar senyum selama jumpa pers.

Tak ada lagi raut penyesalan, sedih, apalagi depresi seperti terlihat pada video penangkapan. Senyum lebar selalu menghiasi wajahnya. Sesekali tenang, lalu terlihat berbisik-bisik sembari tertawa kepada perempuan polisi (polwan) yang mendampinginya.

Di bawah bayang-bayang Jokowi

Presiden Joko Widodo bersama Muhaimin Iskandar turun dari Skytrain sebelum peresmian pengoperasian kereta bandara di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (2/1/2018).
Presiden Joko Widodo bersama Muhaimin Iskandar turun dari Skytrain sebelum peresmian pengoperasian kereta bandara di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (2/1/2018). | Rosa Panggabean /ANTARAFOTO

Nama Joko "Jokowi" Widodo tengah di atas angin. Menurut survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) terhadap 1.220 responden menunjukkan, kinerja Jokowi beserta kabinetnya, memuaskan 74 persen responden.

Pemilih nasional menilai Jokowi dan pemerintahannya bekerja dengan baik. Kinerja ini dilihat dari penilaian pemilih terhadap berbagai kondisi makro nasional. Antara lain; ekonomi, politik, hukum, keamanan, dan sosial.

"Angkanya (kepuasan) cukup tinggi," ujar Direktur Utama SMRC Djayadi Hanan, Selasa (2/1/2018) seperti dikutip dari Kompas.com. Dari 74,3 persen responden yang puas, 65 persennya akan memilih Jokowi dalam Pilpres 2019.

Dengan tingkat kepuasan ini, Jokowi jadi leluasa memilih calon pendampingnya di Pilpres 2019. Posisi Jokowi ini persis seperti dialami Susilo Bambang Yudhoyono jelang Pilpres 2009, leluasa untuk menentukan cawapresnya,

Dari survei yang digelar pada 7 - 13 Desember 2017, di seluruh Indonesia ini diketahui belum ada tokoh nasional yang bisa menyaingi Jokowi dalam Pilpres. Bahkan, untuk calon wakil presiden, belum ada nama yang menonjol untuk mendampingi Jokowi.

Menurut survei ini, nama cak Imin tak muncul sebagai kandidat wakil presiden yang potensial mendampingi Jokowi. Tiga nama besar adalah Jusuf Kalla, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Gatot Nurmantyo.

Partai-partai politik pun di bawah bayang-bayang Jokowi. Dalam pertanyaan survei yang terkendali, jika nama Jokowi disebutkan dalam pertanyaan, maka tingkat keterpilihan partai politik itu akan naik dibanding tanpa menyebutkan nama Jokowi.

Misal, jika Partai Golkar mengusung Idrus Marham (Sekjen Golkar) sebagai calon presiden 2019, maka hanya 14,3 persen responden yang akan memilih anggota DPR dari Golkar. Jika Golkar mengusung Jokowi sebagai calon presiden 2019, keterpilihannya menjadi 33,4 persen.

Ibu kota dipastikan pindah ke luar Jawa

Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro saat menjadi pembicara kunci pada peringatan HUT Ke-60 Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (15/12/2017). Bambang menyebut biaya memindahkan ibu kota lebih dari Rp1 triliun.
Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro saat menjadi pembicara kunci pada peringatan HUT Ke-60 Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (15/12/2017). Bambang menyebut biaya memindahkan ibu kota lebih dari Rp1 triliun. | R. Rekotomo /ANTARAFOTO

Kajian tentang pemindahan ibu kota sudah tuntas dan telah diserahkan kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Rabu (3/1/2018).

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro, Presiden mengarahkan kajian itu akan dibahas lebih dalam.

Bambang menyebutkan, tahap kajian yang akan dilakukan oleh Bappenas lebih kepada detail, mulai dari kondisi lahan, hingga tingkat risiko bencana.

Isi dari kajian awal yang telah disampaikan ke Jokowi ini terkait data teknis masing-masing daerah kandidat, seperti kelebihan dan kekurangan, ketersediaan lahan yang dimiliki pemerintah, dan ketersediaan infrastruktur.

Bambang menolak menyebut kandidat-kandidat kota yang diajukan menjadi calon Ibu Kota baru. Tapi ia memastikan kota tersebut berada di luar Jawa.

Untuk biaya, kebutuhan yang diperlukan untuk memindahkan ibu kota melebihi Rp1 triliun. Tapi kebutuhan itu tak akan ditutup dengan APBN saja.

Pemerintah juga akan melibatkan swasta. "Kami dalam diskusi penyiapan kajian, kami juga sudah berinteraksi dengan pengusaha untuk melihat sejauh mana minat mereka jika dilibatkan kerja sama pemerintah swasta dalam pemindahan ibu kota," katanya.

Ancaman Trump bisa jadi bumerang untuk AS

Pendukung partai Jamat el-Islami berunjuk rasa sambil membawa poster bertuliskan "Trump Sampah" di Karachi, Pakistan, 17 Desember 2017.
Pendukung partai Jamat el-Islami berunjuk rasa sambil membawa poster bertuliskan "Trump Sampah" di Karachi, Pakistan, 17 Desember 2017. | Shahzaib Akber /EPA

Mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel rupanya belum cukup bagi Presiden Amerika Serikat, Donald J Trump.

Melalui akun Twitternya--media andalan Trump untuk "berbicara" dengan dunia--, Trump mengancam akan menghentikan aliran dana bantuan ke Palestina karena wilayah itu tak juga bisa diajak berunding.

"Kami membayar Palestina jutaan dolar setiap tahun, tapi tidak mendapat apresiasi dan penghargaan...," ucap Trump, Selasa (3/1/2018).

Mayoritas warga Palestina justru tak gentar dengan ancaman Trump. Para pejabat pemerintahan Palestina berbalik menuding Trump dan Haley menggunakan taktik perundungan terhadap Palestina agar mau tunduk pada keinginannya.

Hanan Ashrawi, anggota komite Organisasi Liberal Palestina (PLO) dalam BBC menyebut, rakyat Palestina tidak akan bisa diperas.

"Presiden Trump telah menyabotase usaha kami untuk mewujudkan perdamaian, kemerdekaan, dan keadilan. Berani-beraninya dia sekarang menyalahkan Palestina atas konsekuensi dari tindakan tidak bertanggungjawabnya," seru Hanan.

Juru Bicara Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Nabil Abu Rudeineh, bahkan menegaskan bahwa Kota Suci Yerusalem bukan untuk diperjualbelikan, sekali pun dengan emas atau perak.

Lansiran Congressional Research Service memaparkan, pada 2016, AS menyalurkan dana senilai US $370 juta melalui United Nations Relief and Works Agency for Palestine (UNRWA), badan PBB yang mengurus sekitar lima juta pengungsi Palestina di seluruh wilayah Timur Tengah.

Selain itu, AS juga menyalurkan dana kemanusiaan senilai US $260 juta yang sebagian kecilnya masuk ke kantong Otoritas Palestina, dan sisanya melalui proyek-proyek USAID (lembaga AS yang mengurus bantuan kemanusiaan) di Palestina.

Chris Gunness, juru bicara UNRWA mengaku belum menerima pemberitahuan terkait pemutusan bantuan tersebut. Namun, Gunness menegaskan, penghentian bantuan akan membawa dampak sangat buruk bagi AS.

Gunnes menerangkan, bantuan yang selama ini diberikan AS mayoritasnya mengalir untuk membantu anak-anak Palestina, tak hanya di Gaza, melainkan juga di beberapa negara lain seperti Lebanon, Yordania, dan Suriah.

"Ini adalah tekanan yang sangat brutal. Situasi di Gaza saat ini sangat-sangat mengkhawatirkan. Jika bantuan terputus, ini akan menjadi kiamat bagi AS dan dunia. Situasi ekonomi penduduk Gaza sangat penting bagi perspektif keamanan," sebutnya.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR