Berebut pengaruh Cendana dalam Pilkada Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja 'Ahok' Purnama saat meninjau pembangunan Masjid Raya Jakarta di Daan Mogot, Jakarta, Senin (6/3). Probosutedjo, adik tiri dari pada Soeharto, disebut mendukung Ahok dalam Pilkada DKI Jakarta.
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja 'Ahok' Purnama saat meninjau pembangunan Masjid Raya Jakarta di Daan Mogot, Jakarta, Senin (6/3). Probosutedjo, adik tiri dari pada Soeharto, disebut mendukung Ahok dalam Pilkada DKI Jakarta. | Muhammad Adimaja /ANTARA

Calon gubernur petahana, Basuki Tjahaja 'Ahok' Purnama bertemu dengan Probosutedjo di rumahnya, Kamis (16/3).

Menurut Juru bicara tim pemenangan Ahok-Djarot, Ruhut Sitompul, kunjungan Ahok ke rumah adik tiri dari pada Soeharto untuk memenuhi undangan. Ruhut mengklaim, Probosutedjo mendukung Ahok-Djarot dalam Pilkada DKI Jakarta 2017.

Ruhut menyebut, Probosutedjo senang dengan Ahok karena tahu prestasi-prestasinya. "Memang dia pendukung Pak Ahok dari dulu. Pendukung Pak Jokowi juga," kata Ruhut kepada CNNIndonesia.com.

Menurut juru bicara Ahok-Djarot lainnya, Raja Juli Antoni, yang diobrolkan dalam pertemuan itu terkait dengan respon tak senonoh kepada Djarot saat menghadiri peringatan Super Semar, di Masjid At Tin, Sabtu pekan lalu. Saat itu, Djarot dicaci maki, salah satunya dengan sebutan 'kafir'.

"Ada motivasi dari keluarga untuk mengklarifikasi itu bukan sikap keluarga Cendana," ujar Raja Juli, seperti dinukil dari Suara.com.

Sabtu lalu, pasangan Anies-Sandi juga menghadiri peringatan Super Semar dan haul Soeharto di masjid At Tin. Dari peringatan itu, beredar foto Anies bersama Tommy Soeharto.

Siti Hediati Hariyadi alias Titiek Soeharto, juga bermanuver mendukung Anies-Sandi. Walau Partai Golkar tempatnya bernaung mendukung Ahok-Djarot, tapi Titiek menyeberang.

Dua kejadian yang hanya berselang beberapa hari ini mengesankan dua pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta ini berebut klaim dari keluarga Cendana.

Menurut Anies, dukungan dari Titiek Soeharto adalah suatu amanah. Bagi Anies, keluarga Cendana bukan organisasi sehingga dia tak mengetahui adanya dukungan dari keluarga besar Cendana.

"Setahu saya (dukungan) itu pribadi-pribadi (anggota keluarga Cendana) saja," kata Anies, seperti dikutip dari Kompas.com.

Dalam pandangan pengamat politik dari Universitas Padjajaran Idil Akbar dukungan Titiek tak akan berpengaruh besar terhadap peluang Anies-Sandi meraih kemenangan.

Zaman telah berubah, Orde Baru telah lama runtuh, Soeharto juga telah tiada. Kini sosok Titiek, hanya besar di media tapi tidak di tengah-tengah masyarakat.

Kalaupun ada, menurut Idil pengaruhnya sangat kecil. Mungkin hanya akan berpengaruh di kalangan yang masih mendambakan suasana seperti era Orde Baru.

"Tapi jumlah mereka saya percaya sedikit sekali di Jakarta," kata Idil kepada CNNIndonesia.com.

Ahli sosiologi politik UGM, Arie Sujito menilai persoalan yang dihadapi oleh negara ini tidak mungkin dijawab oleh romantisme Orde Baru.

Pengamat politik LIPI Syamsudin Haris menilai keluarga Cendana selalu gagal untuk masuk dalam politik. Karena memang nama Soeharto sudah tidak laku lagi.

"Partai yang didirikan selalu gagal, dan bahkan calon yang didukung oleh Keluarga Cendana dalam pemilu, selalu gagal menang dalam pemilu," ujar Syamsudin seperti dikutip dari BBC Indonesia.

Dia mencontohkan pencalonan Prabowo Subianto dalam pemilihan presiden 2014 lalu, yang gagal meraih dukungan. Prabowo adalah mantan suami Titiek.

Menurut Ketua Dewan Pakar Partai Golkar, Agung Laksono, menilai geliat keluarga Cendana tidak lagi sebesar dulu.

Dalam perhitungan Agung, popularitas Tommy masih tinggi, tapi soal elektabilitas lain lagi. Agung tak yakin, popularitas Tommy seimbang dengan elektabilitasnya.

Agung merujuk pada usaha Tommy bertarung merebut kursi ketua umum Partai Golkar, tahun lalu. Tapi gagal. "Memang dia anak pak Harto, tapi kan tidak hanya itu. Kan ada aspek yang lain," ujar dia seperti dikutip dari Metrotvnews.com. Misalnya elektabilits dan track record.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR