SOROTAN MEDIA

Berlaku tak sopan, Arteria Dahlan panen kecaman

PENGACARA | Tangkapan layar perdebatan Arteria Dahlan (kiri), advokat yang duduk di DPR, dengan Emil Salim dalam Mata Najwa di Trans7.
PENGACARA | Tangkapan layar perdebatan Arteria Dahlan (kiri), advokat yang duduk di DPR, dengan Emil Salim dalam Mata Najwa di Trans7. | Mata Najwa /Narasi TV/Trans7

Sikap dan perilaku Arteria Dahlan (44) terhadap Emil Salim (89) telah memancing respons negatif dari masyarakat. Gaya Arteria, anggota DPR dari PDIP, dalam bincang televisi Mata Najwa (9/10/2019), dianggap tak santun.

Arteria tak hanya menunjuk-tunjuk lawan bicara. Arteria, seorang pengacara, juga menyebut Emil Salin, ilmuwan dan eks-menteri yang dihormati pelbagai kalangan, sebagai "sesat". Bahkan ada saat Arteria tak mendengarkan Emil berbicara.

Bukan sekali ini laku lajak Arteria disorot.

Pada 11 September 2019, semasa menjadi anggota DPR dari periode 2014-2019, dia protes karena pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi dalam rapat di Komisi III tak menyapa wakil rakyat "Yang Terhormat".

Padahal, kata Arteria, Presiden Joko Widodo dan Kapolri Tito Karnavian selalu menyapa anggota DPR "Yang Terhormat".

Ringkasan

  • Partai Golkar menyayangkan sikap anggota Fraksi PDIP DPR Arteria Dahlan yang menunjuk-nunjuk dan menyebut ekonom Emil Salim sesat.
  • Hal ini merupakan imbas dari pernyataan Arteria Dahlan yang menyebut Prof Emil Salim sesat.
  • Menurut Arteria, tidak tepat kalau Emil Salim dengan latar belakang ekonom tiba-tiba berbicara soal hukum terkait Revisi UU KPK.
  • Pada cuitan berikutnya, Sujiwo Tejo kembali menegaskan bahwa permintaan maaf harus disampaikan oleh Megawati, bukan Arteria Dahlan sendiri.
  • Arteria berulang kali menyela, menuding dan membentak pembicara lain yang sedang memberikan pemaparan.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh suara.com dan detik.com dengan 11 pemberitaan, diikuti peringkat kedua merdeka.com dengan 7 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 13:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 03:00 WIB dengan total 15 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh detik.com dengan 16970 interaksi, diikuti peringkat kedua cnnindonesia.com dengan 16894 interaksi. Selanjutnya republika.co.id dengan 9959 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR