SOROTAN MEDIA

Berseru people power, Eggi Sudjana tersangka kasus makar

Ilustrasi: Eggi Sudjana dalam aktivitasnya sebagai juru kampanye BPN.
Ilustrasi: Eggi Sudjana dalam aktivitasnya sebagai juru kampanye BPN. | Yulius Satria Wijaya/ama / ANTARA FOTO

Polda Metro Jaya menetapkan Eggi Sudjana sebagai tersangka dalam kasus dugaan makar. Status tersangka tertulis di surat panggilan pemeriksaan yang diterima Eggi.

Sebelumnya juru kampanye BPN Prabowo-Sandi ini dilaporkan ke polisi oleh politisi PDIP Dewi Tanjung, karena menyerukan people power dalam sebuah orasi.

Penetapan politisi PAN yang juga Ketua Tim Pembela Ulama dan Aktivis (TPUA) sebagai tersangka makar menjadi sorotan media daring pada siang ini, Kamis (9/5/2019). Hingga pukul 13.00, terdapat sebanyak 51 berita ditulis oleh 28 media, dengan puluhan ribu komentar dan reaksi di media sosial.

Ringkasan

  • Polda Metro Jaya menetapkan Eggi Sudjana sebagai tersangka dugaan makar terkait pernyataan people power.
  • Status tersangka Eggi tersebut diketahui melalui surat panggilan yang dilayangkan oleh penyidik Unit V Subdit Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya kepada pihaknya.
  • Eggi akan dipanggil untuk dimintai keterangan sebagai tersangka pada Senin (13/5/2019).
  • Sebelumnya Dewi Ambarawati alias Dewi Tanjung, melaporkan Eggi atas dugaan melakukan pemufakatan jahat atau makar dan dugaan melanggar UU ITE Pasal 107 KUHP junto Pasal 87 KUHP atau Pasal 28 ayat 2 junto Pasal 45 ayat 2 UU RI nomor 19 tahun 2016 tentang informasi dan transaksi elektronik.
  • Pitra Romadoni, pengacara Eggi sangat kecewa dengan polisi yang dinilai sangat cepat menetapkan Eggi sebaik tersangka. Pihaknya dari awal sudah mengajukan nota protes dan keberatan terhadap pemeriksaan Eggi Sudjana.
  • PAN akan memberikan bantuan hukum jika dibutuhkan. Pengacara yang ada di DPP PAN diyakini akan senang jika bisa membantu Eggi.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 7 pemberitaan, diikuti peringkat kedua suara.com dan detik.com dengan 4 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 03:00 hingga 12:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 11:00 WIB dengan total 19 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah sebaran pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh detik.com dengan 28483 sebaran, diikuti peringkat kedua viva.co.id dengan 4607 sebaran. Selanjutnya kompas.com dengan 2343 sebaran pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR