NGUNDUH MANTU

Biar kuat, kuda yang mengangkut Kahiyang-Bobby diberi vitamin

Kereta kencna yang digunakan Kahiyang saat melaksanakan upacara pernikahan di Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah (8/11/2017.
Kereta kencna yang digunakan Kahiyang saat melaksanakan upacara pernikahan di Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah (8/11/2017. | Mohammad Ayudha /AntaraFoto

Pada upacara pernikahannya di Solo, Jawa Tengah Rabu (8/10/2017) Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution dikirab dengan menggunakan kereta kuda. Kahiyang naik kereta dari kediamannya menuju lokasi resepsi. Sedangkan Bobby dan keluarga naik kereta dari Hotel Alila menuju Graha Saba Buana.

Selesai acara di Solo, rupanya kereta dan kuda diboyong untuk pelaksanaan upacara adat Kahiyang-Bobby di Medan, Sumatra Utara.

Sebanyak tujuh kereta telah diangkut meninggalkan Solo menuju Medan pada Sabtu malam (18/11/2017).

"Ada tujuh kereta kencana dengan 14 kuda yang dibawa ke Medan sesuai permintaan keluarga Presiden Jokowi," ujar Sunardi--salah satu kusir kereta kencana di Solo--saat dihubungi Kompas.com, Minggu (19/11/2017) pagi.

Kereta dibawa dengan tujuh truk sedangkan 14 kuda dinaikkan ke dua truk. Lalu disediakan pula sebuah bus untuk mengangkut 23 kru pengurus kuda serta pengawalan mulai dari Solo hingga Medan. Rombongan pun berangkat dari Makorem 074/Warastratama, Solo, Jawa Tengah.

Anwar Muhtadi, pengurus yang ditugasi oleh Presiden Joko Widodo sempat menjelaskan dalam wawancaranya dengan Tempo, kuda-kuda yang dibawa merupakan jenis poni.

Dia juga memastikan hewan itu dapat digunakan dalam acara kendati melakukan perjalanan jauh. "Semua sudah dicek kesehatannya sebelum berangkat," katanya.

Kru yang mengawal rombongan telah dibekali dengan obat-obatan dan vitamin untuk kuda-kuda tersebut. "Rombongan juga harus diistirahatkan tiga kali dalam sehari, agar kudanya bisa makan dan mendapat vitamin," katanya.

Anwar juga menjelaskan jika kereta yang dibawa tidak selengkap yang digunakan pada kirab di Solo.

"Keretanya ada tujuh. Kalau kemarin di Solo kan delapan. Ini kereta kencana yang dipakai Mbak Kahiyang (waktu di Solo) tidak dibawa," kata Anwar kepada detik.com melalui telepon.

Sebabnya kereta tersebut bukan seluruhnya milik Jokowi. Kereta kencana yang dinaiki Kahiyang merupakan milik dari Pemkot Surakarta.

Adapun tujuan membawa kereta tersebut, lanjut Anwar, nantinya akan digunakan untuk prosesi kirab ngunduh mantu adat Mandailing. Selain sepasang pengantin, kereta yang masing-masing ditarik dua ekor kuda itu juga akan membawa keluarga kedua mempelai menuju lokasi resepsi pernikahan di Medan.

"Kalau untuk kirabnya dari mananya saya belum tahu. Rabu nanti, saya baru menyusul berangkat ke Medan," ungkap Anwar.

Selama ini, Anwar sering dipercaya oleh Presiden Joko Widodo untuk menyiapkan kereta untuk berbagai kegiatan. Salah satunya adalah saat pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Afif Nasution kemarin maupun saat Gibran Rakabuming dengan Selvi Ananda menikah dua tahun lalu.

Selain itu, Anwar pernah dipercaya memboyong kereta dan kuda dari Solo menuju Jakarta saat pelantikan Jokowi sebagai Gubernur DKI Jakarta. Begitu pula saat pelantikan Jokowi sebagai presiden.

Menurutnya, perjalanan dari Solo ke Medan normalnya memakan waktu empat hari empat malam. Namun, bisa jadi waktu tiba ke Medan lebih cepat lantaran bus dan truk dikawal petugas selama di jalan raya.

Berita terakhir, Senin (20/11/2017) rombongan kereta kencana sudah tiba di Lampung dan sedang menuju Medan.

Sedangkan hari ini di Medan, Selasa (21/11/2017) Kahiyang baru saja resmi mendapat marga Siregar.

Tak lama setelah Kahiyang hadir di lokasi sekitar pukul 10.00 WIB, acara pun langsung dimulai. Setelah diskusi sesama Raja yang berhak, akhirnya marga Siregar resmi disematkan pada perempuan yang akrab disapa Ayang ini.

Ketok palu tanda diberikannya marga Siregar pada Kahiyang terjadi sekitar pukul 11.15 WIB. Kini, Ayang telah resmi menjadi bagian dari keluarga sang suami, dan dapat melanjutkan prosesi pernikahan selanjutnya sesuai adat Mandailing.

A post shared by Bintang.com (@bintangcomid) on

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR