SOROTAN MEDIA

BJ Habibie dirawat Intensif di RSPAD Gatot Soebroto

Presiden ke-3 RI BJ Habibie berziarah ke makam istrinya, Hasri Ainun Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Rabu (5/6/2019).
Presiden ke-3 RI BJ Habibie berziarah ke makam istrinya, Hasri Ainun Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Rabu (5/6/2019). | Rivan Awal Lingga /Antara Foto

Presiden ke-3 RI, Bacharuddin Jusuf Habibie, ternyata telah menjalani perawatan di RS Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, sejak 2 September 2019 karena kondisi kesehatannya menurun.

Sekretaris pribadinya, Rubijanto, mengonfirmasi kabar tersebut pada Minggu (8/9). Namun ia tidak memaparkan penyakit apa yang diderita oleh BJ Habibie.

Menurut Rubijanto, Tim Dokter Kepresidenan (TDK) saat ini tengah memeriksa dan merawat Habibie secara intensif. Oleh karena itu Habibie belum bisa dijenguk oleh khalayak.

Ringkasan

  • Presiden Ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie kembali dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto karena kondisi kesehatannya menurun.
  • Hal tersebut dibenarkan langsung oleh Sekretaris pribadinya Rubijanto melalui pesan singkat WhatsApp (WA) di Jakarta, Minggu (8/9/2019) sore.
  • BJ Habibie saat ini mendapatkan perawatan khusus oleh Tim Dokter Kepresidenan (TDK) di RSPAD Gatot Subroto.
  • Namun, Rubijanto tidak memberitahukan penyebab suami almarhum Hasri Ainun Besari tersebut hingga harus dilarikan ke rumah sakit.
  • Communication Officer The Habibie Center, Annisa Dini mengakui Habibie yang diminta mengurangi aktivitas.
  • Atas nama keluarga besar BJ Habibie , Rubijanto menyampaikan terima kasih atas perhatian dan doa dari semua pihak serta memohon kehadirat Allah SWT agar beliau segera sembuh.
  • Sebelumnya, Habibie pernah dirawat di rumah sakit. Pada Maret 2016, Habibie juga sempat terbaring di rumah sakit.
  • Pada Maret 2018, pria berusia 83 tahun itu juga sempat dirawat di klinik Starnberg di Munich, Jerman, setelah mengalami kebocoran klep jantung.
  • Kebocoran jantung yang dialami Habibie membuat air menumpuk di paru-paru Habibie hingga 1,5 liter sehingga ia pun merasa sulit bernapas di samping tekanan darah meningkat hingga 180 mmHg.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 11 pemberitaan, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 10 pemberitaan. selanjutnya medcom.id dengan 3 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 05:00 hingga 22:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 19:00 WIB dengan total 12 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh kompas.com dengan 25771 interaksi, diikuti peringkat kedua cnnindonesia.com dengan 8600 interaksi. Selanjutnya mediaindonesia.com dengan 7932 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR