SOROTAN MEDIA

BMKG prakirakan cuaca buruk sepekan ke depan

Pengendara motor menerobos hujan yang mengguyur Kota Lhokseumawe di Aceh, Selasa (10/9/2019)
Pengendara motor menerobos hujan yang mengguyur Kota Lhokseumawe di Aceh, Selasa (10/9/2019) | Rahmad /Antara Foto

Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan dalam sepekan ke depan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Pada periode 11-14 November 2019, kondisi tersebut diprakirakan dialami di Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Papua.

Sementara pada periode 15 hingga 17 November 2019, hujan lebat juga terjadi di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Utara, dan Papua.

Ringkasan

  • BMKG mengingatkan masyarakat mewaspadai curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.
  • Hal itu karena melemahnya intensitas Siklon tropis "NAKRI" di Laut Cina Selatan yang menyebabkan angin timuran di selatan ekuator turut melemah dan meningkatkan aliran massa udara basah dari Asia ke wilayah Indonesia.
  • Daerah-daerah yang diperkirakan akan mengalami curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang itu pada eriode 11-14 November 2019 di antaranya DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.
  • Sedangkan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada periode 15-17 November 2019 berpotensi terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Utara, dan Papua.
  • BMKG mengimbau masyarakat tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.
  • Masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam melalui: call center 021-6546315/18; bmkg.go.id; atau melalui media sosial Twitter di akun @infoBMKG.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 4 pemberitaan, diikuti peringkat kedua kontan.co.id dan cnnindonesia.com dengan 3 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 15:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 06:00 WIB dengan total 13 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh selaparangtv.co dengan 639 interaksi, diikuti peringkat kedua kompas.com dengan 376 interaksi. Selanjutnya suarasurabaya.net dengan 341 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR