SOROTAN MEDIA

Bocah-bocah perusuh 22 Mei tak dapat diadili

Foto arsp: Kawat berduri memblokade Jalan M.H. Thamrin di depan kantor Bawaslu saat berlangsungnya Aksi 22 Mei, Jakarta, Rabu (22/5/2019).
Foto arsp: Kawat berduri memblokade Jalan M.H. Thamrin di depan kantor Bawaslu saat berlangsungnya Aksi 22 Mei, Jakarta, Rabu (22/5/2019). | Dhemas Reviyanto /Antara Foto

Tersebab masih di bawah umur, belum 18 tahun, 67 tersangka perusuh 21-22 Mei di Jakarta tak dapat diadili. Mereka adalah bagian dari 447 tersangka yang mengacau dalam demo di depan Kantor Bawaslu.

Menurut Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra di Jakarta kemarin (10/6/2019), pihaknya akan mengembalikan anak-anak itu ke orang tua mereka. Sebagian dari anak-anak itu akan menjalani pelatihan dan pembinaan.

Hal itu sesuai Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. Menurut UU, anak yang berkonflik atau berhadapan dengan hukum akan menjalani diversi, atau pengalihan penyelesaian perkara anak, dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana.

Ringkasan

  • Terhadap pelaku yang masih anak-anak, dilakukan diversi dan dikembalikan kepada orang tuanya dan sebagian menjalani pelatihan dan pembinaan.
  • Untuk aktor intelektual, koordinator lapangan dan eksekutor di lapangan dari 447 orang tersebut masih dipetakan dan segera polisi ungkap.
  • Terkait tuntutan transparansi korban jiwa lantaran peluru tajam, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian telah membentuk tim investigasi yang bekerja mencari fakta.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tempo.co dan suara.com dengan satu pemberitaan, diikuti peringkat kedua skalanews.com dengan satu pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik dimulai sejak pukul 01:00 hingga 08:00 WIB, dan merupakan puncak dari pemberitaan dengan total dua pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah sebaran pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh tempo.co dengan 271 sebaran, diikuti peringkat kedua okezone.com dengan 95 sebaran. Selanjutnya suara.com dengan 42 sebaran pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR