SOROTAN MEDIA

Bom meledak di Pos Polisi Kartasura, pelaku selamat

Petugas Polisi melakukan olah tempat kejadian perkara lokasi kejadian bom bunuh diri di Pospam Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (4/6/2019).
Petugas Polisi melakukan olah tempat kejadian perkara lokasi kejadian bom bunuh diri di Pospam Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (4/6/2019). | Aloysius Jarot Nugroho. /ANTARA FOTO

Diduga bom bunuh diri meledak di Pos Pengaman (Pospam) Lebaran 2019 di Tugu Kartasura, Sukoharjo, Jawa tengah, Senin (3/6/2019) pukul 23.00 WIB.

Seorang terkapar di tempat kejadian diduga sebagai bomber. Polisi mengamankan terduga pelaku, pemuda bernama Rofik, berusia 21 tahun, warga Kranggan RT 001/RW 002, Wirogunan, Kartasura. Ia kini dirawat intensif karena luka di dada cukup parah.

Kepala Kepolisian Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, menyebutkan saat kejadian, ada 7 polisi bertugas di pos tersebut. Empat orang di dalam pos, sisanya mengatur lalu lintas. Hanya satu korban luka, yaitu terduga pelaku dalam kejadian ini.

Pospam Tugu Kartasura terletak di pertigaan antara jalan dari Boyolali menuju Solo dan jalan dari Klaten menuju Solo. Pospam ini selalu menjadi posko keamanan dan pengaturan lalulintas saat hari-hari besar, termasuk Idulfitri tahun ini. Pospam ini berjarak sekitar 1 Km dari markas Kpapassus, Kandang Menjangan, Sukoharjo.

Ringkasan

  • Seorang lelaki berkaus hitam dengan celana jin, menuju Pospam Tugu Kartasura. Pria ini duduk di trotoar, sejenak kemudian, terdengar suara ledakan. Pria tersebut terkapar, luka parah, kini dirawat di rumah sakit.
  • Polisi bergerak cepat, menemukan identitas dan rumah terduga pelaku. Rofik (21) tahun, beralamat Kranggan RT 001/RW 002, Wirogunan, Kartasura, sekitar 500 meter dari tempat kejadian.
  • Menurut warga setempat, Rofik dikenal sebagai warga yang sangat tertutup. Tetangga punya hajat pun ia tidak datang.
  • Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel di ke tempat kejadian, meminta masyarakat tetap tenang dan waspada.
  • Tempat kejadian dan rumah terduga pelaku diberi garis polisi.
  • Polisi belum bisa menyimpulkan terduga pelaku berafiliasi ke kelompok teror yang mana.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 45 pemberitaan, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 11 pemberitaan. selanjutnya suara.com dengan 7 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik dimulai sejak pukul 00:00 hingga 02:00 WIB, dan merupakan puncak dari pemberitaan dengan total 55 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah sebaran pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 579 sebaran, diikuti peringkat kedua liputan6.com dengan 198 sebaran. Selanjutnya suara.com dengan 176 sebaran pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR