SOROTAN MEDIA

BPK usulkan program wajib militer ke Kemenhan

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu (kanan) menjawab pertanyaan dari wartawan di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu (12/6/2019).
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu (kanan) menjawab pertanyaan dari wartawan di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu (12/6/2019). | M Risyal Hidayat /Antara Foto

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengusulkan agar Kementerian Pertahanan (Kemenhan) membuat program wajib militer untuk setiap warga negara di Indonesia.

Program wajib militer adalah sebuah upaya untuk meningkatkan pendidikan bela negara dan menjadikan Indonesia menjadi negara yang kuat. Program wajib militer dilakukan oleh semua negara maju di dunia.

Menhan Ryamizard Ryacudu menyambut baik usulan tersebut. Namun, usulan itu tidak mudah untuk dilakukan. "Enggak mudah itu ya, itu salah satu wacana dari anak bangsa boleh-saja saja, tapi dari Kemenhan belum memikirkan itu dulu," kata Ryamizard.

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) ini menjelaskan bahwa saat ini yang dibutuhkan adalah penguatan terhadap bela negara. Hal itu seperti menjadikan Pancasila dan UUD 1945 sebagai pegangan dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ringkasan

  • Usulan itu disampaikan oleh Anggota 1 BPK Agung Firman Sampurna saat menyerahkan laporan hasil pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan 2018 dari BPK ke Kemenhan.
  • Ryamizard berpendapat, fokus Kemenhan saat ini ialah mengenai program bela negara.
  • Selain itu Ryamizard juga ingin ideologi Pancasila diterapkan dalam kehidupan.
  • Kemenhan membuat sejarah baru karena berhasil meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) pasca reformasi.
  • Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) ini menjelaskan, Kemenhan berfokus pada penerapan dan pendidikan tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan dasar negara Pancasila serta UUD 1945.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 3 pemberitaan, diikuti peringkat kedua suara.com dan okezone.com dengan 2 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 07:00 hingga 15:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 14:00 WIB dengan total 6 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh merdeka.com dengan 438 interaksi, diikuti peringkat kedua suara.com dengan 116 interaksi. Selanjutnya kompas.com dengan 73 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR