SOROTAN MEDIA

BPN Prabowo-Sandi akan patuhi Putusan MK

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (tengah) bersama Cawapres Sandiaga Uno dan petinggi partai pendukung saat mendeklarasikan kemenangannya pada Pilpres 2019 kepada awak media di kediaman Kertanegara, Jakarta, Kamis (18/4/2019).
Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (tengah) bersama Cawapres Sandiaga Uno dan petinggi partai pendukung saat mendeklarasikan kemenangannya pada Pilpres 2019 kepada awak media di kediaman Kertanegara, Jakarta, Kamis (18/4/2019). | Indrianto Eko Suwarso /beritagar.id

Koordinator juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan pihaknya akan mematuhi apapun putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden 2019 yang akan diputuskan, Kamis (27/6/2019).

Menurutnya, faktor sosiologis masyarakat selalu menjadi bagian dari pertimbangan MK, misalnya kalau kemudian ada dampak sosial dari satu keputusan, pasti menjadi pertimbangan MK.

Dahnil juga berharap para hakim MK menempatkan MK sebagai Mahkamah yang mulia, mahkamah yang fokus pada hal-hal yang substantif, konstitusional dan membangun paradigma progresif.

Prabowo menyerahkan sepenuhnya perihal sengketa di MK kepada kuasa hukum yang dipimpin Bambang Widjojanto. Prabowo tidak hadir langsung untuk menghindari adanya gelombang massa yang besar datang ke MK.

Ringkasan

  • MK akan memutuskan hasil persidangan sengketa PHPU Presiden 2019 pada Kamis, (27/6).
  • Capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tidak akan hadir langsung ke MK saat putusan sengketa pilpres dibacakan.
  • Menurut Dahnil, Prabowo akan menyaksikan sidang pembacaan putusan dari kediaman pribadinya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, bersama Sandiaga dan beberapa tokoh parpol koalisi pendukung.
  • Dahnil mengimbau kepada pendukung Prabowo-Sandi untuk tak datang ke MK. Bila ada pendukung yang tetap datang, pihaknya tidak bisa melarang sebab itu hak konstitusional dari masyarakat.
  • Sebelumnya, Prabowo dikabarkan tengah berada di Jerman untuk melakukan cek kesehatan dan menjalankan sejumlah urusan bisnis. Namun, Dahnil menegaskan kalau Prabowo akan kembali ke tanah air pada Rabu (26/6) malam.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 14 pemberitaan, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 9 pemberitaan. selanjutnya mediaindonesia.com dengan 4 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 04:00 hingga 21:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 13:00 WIB dengan total 10 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh viva.co.id dengan 4334 interaksi, diikuti peringkat kedua tribunnews.com dengan 58 interaksi. Selanjutnya suara.com dengan 38 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR