SOROTAN MEDIA

Buka-tutup rapat kerja DPR-Prabowo

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) berbincang dengan Sekretaris Jenderal Kemhan Laksamana Madya TNI Agus Setiadji (kanan) menjelang rapat di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (11/11/2019)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) berbincang dengan Sekretaris Jenderal Kemhan Laksamana Madya TNI Agus Setiadji (kanan) menjelang rapat di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (11/11/2019) | Aditya Pradana Putra /Antara Foto

Rapat kerja Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Senin (11/11/2019) sempat memanas. Garis besar anggaran ingin dibahas secara terbuka, tetapi Prabowo menginginkan pembahasan tertutup.

Prabowo Subianto didampingi Wakil Menteri Pertahanan Wahyu Sakti Trenggono, menyampaikan Visi dan Misi Pemerintah di bidang pertahanan. Rapat juga membahas anggaran yang dibutuhkan sebagai penunjang dari visi dan misinya.

Suasana memanas karena ada anggota Komisi I DPR RI meminta pembahasan anggaran secara umum juga dilakukan terbuka, sementara ada anggota lain menolak. Adapun Prabowo menyatakan bersedia membahas apa saja, asal dilakukan tertutup.

Ringkasan

  • Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menghadiri rapat kerja perdana secara terbuka dengan Komisi I DPR RI pada Senin (11/11/2019).
  • Prabowo Subianto menyampaikan bahwa konsep Pertahanan Rakyat Semesta masih relevan untuk diberlakukan saat ini.
  • Menurutnya, Indonesia tidak akan diduduki oleh negara lain apabila seluruh rakyat menjadi komponen pertahanan negara.
  • Dalam raker yang berlangsung di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, itu Prabowo juga menilai industri pertahanan nasional banyak masalah.
  • Anggota Komisi I dari PDI Perjuangan Effendi Simbolon sempat meminta pemaparan rencana penggunaan dan dukungan anggaran. Pendapat ini didukung rekan separtainya, Adian Napitupulu, namun ditolak politisi PPP.
  • Prabowo mengaku heran karena pembahasan oleh menteri-menteri pertahanan sebelumnya, dilakukan secara tertutup.
  • Akhirnya, fraksi-fraksi menyampaikan pendapatnya terhadap paparan terbuka Prabowo, setelah itu rapat dinyatakan tertutup saat membahas anggaran.
  • Pada 2020 Kemenhan mendapat jatah anggaran sebesar Rp 131 triliun. 40 persen di antaranya untuk gaji pegawai, naik dari 30 persen pada tahun sebelumnya.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 36 pemberitaan, diikuti peringkat kedua detik.com dengan 14 pemberitaan. selanjutnya suara.com dengan 5 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 01:00 hingga 21:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 12:00 WIB dengan total 21 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh detik.com dengan 3434 interaksi, diikuti peringkat kedua cnnindonesia.com dengan 2492 interaksi. Selanjutnya rancah.com dengan 1350 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR