SOROTAN MEDIA

Bukit Soeharto dan Gunung Mas bersaing jadi ibu kota baru

Presiden Joko Widodo (tiga kiri) berdiskusi dengan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro (tiga kanan) di Bukit Soeharto, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Selasa (7/5/2019).
Presiden Joko Widodo (tiga kiri) berdiskusi dengan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro (tiga kanan) di Bukit Soeharto, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Selasa (7/5/2019). | Rusman /Biro Pers Sekretariat Presiden

Pencarian ibu kota baru untuk menggantikan Jakarta berlanjut. Setelah menginspeksi Bukit Soeharto di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Selasa (7/5/2019); Presiden Joko "Jokowi" Widodo memeriksa Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Rabu (8/5).

Kabar tentang Gunung Mas tidak sebanyak soal Bukit Soeharto. Disorot 10 media daring sepanjang Rabu (8/5) mulai pukul 06.00 hingga 20.00 WIB, pemberitaan mencapai 32 dan puncaknya pada pukul 16.00 WIB dengan enam artikel.

Sebaran artikel tentang Gunung Mas juga tak sebanyak kabar soal Bukit Soeharto, kecuali ke Facebook yang mencapai sedikitnya 3.066 kali.

Ringkasan

  • Presiden Jokowi mengatakan Kelurahan Tumbang Talaken, Kecamatan Manuhing, Kabupaten Gunung Mas paling siap menjadi ibu kota Indonesia yang baru jika diukur dari luas wilayahnya.
  • Lokasi yang ditinjau Jokowi disebut "kawasan segitiga" karena berada di antara Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Gunung Mas.
  • Kota Palangka Raya pernah disebut Presiden pertama RI, Soekarno, cocok menjadi ibu kota Indonesia. Jokowi menilai Soekarno pasti menggunakan argumentasi data dan fakta lapangan yang matang untuk menyebut hal itu.
  • Gunung Mas unggul dalam hal luas wilayah, posisi wilayah, kebencanaan dan akses jalan. Tapi dibandingkan Bukit Soeharto, menurut Jokowi, infrastruktur keseluruhan harus dibangun dari nol.
  • Jokowi belum memutuskan. Semua wilayah kandidat masih dalam kalkulasi dan kajian karena banyak aspek pertimbangan.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 12 pemberitaan, diikuti peringkat kedua republika.co.id dan okezone.com dengan 2 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 06:00 hingga 20:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 16:00 WIB dengan total 6 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah sebaran pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh republika.co.id dengan 3066 sebaran, diikuti peringkat kedua katadata.co.id dengan 644 sebaran. Selanjutnya tribunnews.com dengan 466 sebaran pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR