PENDIDIKAN TINGGI

Cermati 3 tahapan SNMPTN 2019

Sejumlah siswa mengisi formulir masuk ke perguruan tinggi pada acara Career Day yang diprakarsai oleh Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) Provinsi DKI Jakarta di Gedung Balai Kartini, Jakarta, Selasa (8/01/2019).
Sejumlah siswa mengisi formulir masuk ke perguruan tinggi pada acara Career Day yang diprakarsai oleh Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) Provinsi DKI Jakarta di Gedung Balai Kartini, Jakarta, Selasa (8/01/2019). | Dede Rizky Permana /Antara Foto

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melalui Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menginformasikan bahwa tahapan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 telah dimulai.

Anggota sekretariat LTMPT, Ismaini Zain mengungkapkan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dibuka sejak 4 Januari 2019, bersamaan dengan peluncuran LTMPT oleh Kemenristekdikti dan Rakernas Ristekdikti di Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Timur.

"Mulai tanggal 4 itu siswa sudah bisa mengisi PDSS, tiap PTN juga punya kewajiban sosialisasi ke sekolah. Kalau ada sekolah yang belum mendaftar nanti bisa di follow up," ujar perempuan yang juga Dosen Institut Teknologi 10 Nopember ini, seperti dikutip Surya.co.id, Kamis (3/1/2019).

Ketua LTMPT sekaligus Rektor Universitas Sebelas Maret Ravik Karsidi menyebutkan, dengan diresmikannya LTMPT oleh Menristekdikti maka secara otomatis website LTMPT sudah bisa diakses masyarakat luas untuk memperoleh informasi lengkap mengenai kerangka waktu pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN 2019.

“Model dan proses seleksi yang dikembangkan LTMPT mengacu pada prinsip adil, transparan, fleksibel, efisien, akuntabel serta sesuai perkembangan teknologi informasi di era digital,” terang Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), Kadarsyah Suryadi.

Adapun rangkaian tahapan SNMPTN 2019 dibagi menjadi tiga tahap, yakni pengisian PDSS, pemeringkatan dan pendaftaran, serta pendaftaran SNMPTN. Rangkaian proses ini akan diakhiri dengan pengumuman yang akan dilaksanakan pada 23 Maret 2019. Pada laman situs resminya, ada 85 PTN yang terdaftar.

Jadwal SNMPTN,  UTBK, dan SBMPTN 2019
Jadwal SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2019 | LTMPT /ltmpt.ac.id

Pengisian verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS)

Untuk langkah pengisian dan verifikasi PDSS yang dilaksanakan pada 4-25 Januari 2019, akan terbagi menjadi empat, yaitu:

  • Pengisian data sekolah dan siswa di PDSS harus melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id. Pengisian ini dilakukan oleh pihak sekolah, yaitu kepala sekolah atau yang ditugasi oleh kepala sekolah terkait.
  • Kepala sekolah atau yang ditugasi kepala sekolah akan mendapatkan password yang digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi.
  • Siswa melakukan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh kepala sekolah atau yang ditugasi kepala sekolah dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan password.
  • Apabila siswa tidak melaksanakan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan kepala sekolah atau yang ditugasi kepala sekolah, maka data yang diisikan tersebut dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verfikasi berakhir.

Pemeringkatan dan pendaftaran

Proses ini dilakukan berdasarkan pada dua hal, yaitu nilai mata pelajaran dan kuota sekolah berdasarkan akreditasi. Pelaksanaannya sendiri akan dimulai 4-14 Februari 2019.

a. Pemeringkatan siswa dilakukan oleh sistem Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) berdasarkan nilai mata pelajaran, seperti berikut:

  • Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
  • Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
  • Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
  • SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (teori kejuruan dan praktik kejuruan).

b. Berdasarkan pemeringkatan prestasi akademik oleh LTMPT, siswa yang memenuhi persyaratan diperbolehkan untuk mendaftar SNMPTN 2019 dengan ketentuan akreditasi sekolah, yakni:

  • Akreditasi sekolah A, maka 40 persen terbaik di sekolah tersebut.
  • Akreditasi sekolah B, maka 25 persen terbaik di sekolah tersebut.
  • Akreditasi C dan lainnya, maka 5 persen terbaik di sekolah tersebut.

Pendaftaran SNMPTN

Proses pendaftaran yang digelar 4-14 Februari 2019 terbagi menjadi empat langkah:

  • Siswa pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh LTMPT, log in ke laman SNMPTN 2019 menggunakan NISN dan password.
  • Siswa pendaftar mengisi biodata yang ada, pilihan PTN, dan pilihan program studi. Peserta juga diminta untuk mengunggah pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (apabila ada). Siswa pendaftar diimbau untuk membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihannya.
  • Siswa pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh kepala sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari situs SNMPTN.
  • Siswa pendaftar mencetak kartu bukti pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

    Jika mengalami kesulitan akses Internet, peserta dapat melakukan pengisian PDSS dan pendaftaran SNMPTN di Plasa Telkom di seluruh Indonesia. Catatan tambahan lainnya, siswa pendaftar yang sudah dinyatakan diterima melalui jalur SNMPTN 2019, tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN 2019.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR