SOROTAN MEDIA

Cilacap, Bali, dan Papua diguncang gempa

Ilustrasi: Rambu peringatan bencana tsunami.
Ilustrasi: Rambu peringatan bencana tsunami. | Irwansyah Putra/wsj /ANTARA FOTO

Dalam kurun waktu 16.32 WIB hingga pukul 18.53 WIB, hari ini (9/6/2019), tiga wilayah Indonesia dilanda gempa dengan magnitudo di atas 5.

Menurut catatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa terjadi di wilayah Cilacap, Jawa Tengah, Nusa Dua, Bali, dan Kabupaten Sarmi, Papua. BMKG menyatakan ketiga gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Hingga kini belum ada laporan terkait korban jiwa dan kerusakan infrastruktur yang diakibatkan oleh gempa tersebut.

Ringkasan

  • Pukul 16.32 WIB terjadi gempa magnitudo 5,7, di laut atau sekitar 88 km Barat Daya Cilacap. lokasi gempa berada di koordinat 8,51 Lintang Selatan (LS) dan 108,86 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 10 kilometer.
  • Getaran gempa terasa sampai Pangandaran, Cilacap, Ciamis, dan Kebumen, Bandung, Kota Banjar, Tasikmalaya, Garut, Sukabumi, dan Banjarnegara. BMKG memastikan lindu tak berpotensi tsunami.
  • Pukul 16.47 WIB gempa dengan magnitudo 5,2 menggetarkan Bali. Pusat gempa berada pada kedalaman 10 kilometer atau sekitar 331 km bagian Tenggara Nusa Dua, Bali.

  • Koordinat gempa berada di 11,75 Lintang Selatan, 11,66 Bujur Timur. Tidak berpotensi tsunami.
  • Pukul 18.53 WIB, gempa bermagnitudo 5,4 mengguncang Kabupaten Sarmi, Papua. Pusat gempa di laut pada kedalaman 24 kilometer, atau sekitar 58 kilometer Timur Laur, Kabupaten Sarmi, Papua.

  • Koordinat titik gempa berada di 2,30 LS dan 139,70 BT. BMKG menyatakan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 25 pemberitaan, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 18 pemberitaan. selanjutnya detik.com dengan 5 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 10:00 hingga 20:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 17:00 WIB dengan total 35 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah sebaran pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 6637 sebaran, diikuti peringkat kedua liputan6.com dengan 5212 sebaran. Selanjutnya detik.com dengan 2290 sebaran pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR