FAKTA DATA CALON IBU KOTA

Dalam 19 tahun, korupsi sektor infrastruktur terbanyak

Kasus korupsi di wilayah Jak Kalimantan Timur, dan sekitarnya.
Kasus korupsi di wilayah Jak Kalimantan Timur, dan sekitarnya. | Lokadata /Lokadata

Korupsi infrastruktur | Kurun 19 tahun terakhir, kasus korupsi di pemerintahan menjalar ke semua sektor. Lokasi, modus operandi, dan pelakunya semakin meluas dan kompleks. Termasuk di wilayah Jakarta, Kalimantan Timur dan sekitarnya (Samarinda, Balikpapan, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Kutai Timur, Tenggarong, Penajam Paser).

Nilai korupsi di wilayah Jakarta dibanding Kalimantan Timur dan sekitarnya tak terkejar. Korupsi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) mencapai Rp642,7 miliar.

Sedangkan nilai korupsi di wilayah calon ibu kota baru, Kalimantan Timur dan sekitarnya mencapai Rp358,2 miliar. Nilai itu selisih sedikit dari Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) Kabupaten Garut 2017, Rp440 miliar.

Selisih korupsi di wilayah Jakarta dan Kalimantan Timur, lebih dari setengahnya. Namun, disatukan oleh sektor infrastruktur. Sektor korupsi ini paling tinggi di kedua wilayah. Jakarta dan sekitarnya mencapai 73,8 persen dan Kalimantan Timur 51,2 persen.

Dari sisi usia pelaku cukup lengkap. Mulai dari usia pemula di pemerintahan, masa puncak karier, dan menjelang pensiun.

Namun, di kedua wilayah mayoritas pelaku berusia 50-59 tahun (42,7 persen) dan rentang usia 40-49 tahun (36 persen). Sementara pelaku korupsi berusia 30-39 tahun (14,7 persen), selebihnya 6,7 persen berusia 60-69 tahun.

Catatan: Data korupsi dalam tulisan ini bersumber dari berkas.beritagar.id atas putusan Mahkamah Agung (MA) yang berkekuatan hukum tetap sepanjang tahun 2000-20018 yang ditangani seluruh unsur penegak hukum tindak pidana korupsi, dari Kepolisian, Kejaksaan, hingga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Perhitungan nilai korupsi ini hanya memuat korupsi di pemerintah daerah dan pegawai daerah. Korupsi untuk lingkup provinsi tidak hitung, karena basis wilayah kasusnya berdasarkan area kabupaten/kota.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR