RINGKASAN SEPEKAN

Dari 200 penceramah, Meghan Markle hingga THR PNS

Kolase foto Merapi, Rosmah Mansor, pernikahan pangeran Harry-Markle, pengumuman THR dan Menteri Agama.
Kolase foto Merapi, Rosmah Mansor, pernikahan pangeran Harry-Markle, pengumuman THR dan Menteri Agama. | /Antara Foto/EPA/EFE

Pekan ketiga Mei ini diramaikan dengan berita-berita tak jauh dari soal puasa dan lebaran di dalam negeri. Di sisi lain, Gunung Merapi di Jawa Tengah yang 'batuk-batuk' membuat publik waspada.

Dari luar negeri, pernikahan bangsawan Pangeran Harry dari Kerajaan Inggris dengan Meghan Markle yang menyita perhatian publik selama beberapa bulan akhirnya dilaksanakan pekan ini.

Dari Malaysia, pergantian kepemimpinan negeri itu berlanjut dengan penyelidikan dugaan korupsi kepada mantan Perdana Menteri Najib Razak dan istrinya Rosmah Mansor.

Berikut kami ringkaskan berita sepekan yang menarik pembaca.

Daftar 200 penceramah menuai masalah

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (kiri) saat menyampaikan keputusan sidang Isbat di Jakarta, Selasa (15/5/2018). Keputusan Lukman merilis 200 nama mubalig ditentang banyak orang.
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (kiri) saat menyampaikan keputusan sidang Isbat di Jakarta, Selasa (15/5/2018). Keputusan Lukman merilis 200 nama mubalig ditentang banyak orang. | Puspa Perwitasari /Antara Foto

Keputusan Kementerian Agama memenuhi permintaan publik untuk menekan persebaran radikalisme dengan rekomendasi penceramah yang ramah justru menuai kecaman dari banyak pihak.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin Jumat pekan lalu menerbitkan 200 daftar nama penceramah yang memilki kompetensi kelimuan, baik reputasinya, dan memiliki kompetensi kebangsaan.

Daftar nama ini merupakan rilis awal yang dihimpun dari masukan tokoh agama, ormas keagamaan, dan tokoh masyarakat. Jumlah daftar ini tentu akan terus bertambah seiring masukan dari berbagai pihak.

Beberapa nama yang dikenal umum banyak yang masuk. Antara lain Hidayat Nur Wahid (PKS) Dahnil Anzar Simanjuntak (Ketua PP Muhammadiyah), Emha Ainun Najib, Haedar Nasir, Quraish Shihab, Mamah Dedeh, Nasaruddin Umar, Musthofa Bisri, hingga Yusuf Mansur.

Fahmi Salim, salah satu nama yang masuk daftar, justru berharap Kemenag mencabut namanya. "Karena berpotensi menimbulkan syak wasangka, distrust di antara mubalig dan dai, serta perpecahan di tengah umat,'' ujarnya.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menilai efektivitas kebijakan pemerintah akan sangat tergantung kepada penilaian masyarakat.

"Masyarakat kita telah cerdas dan bisa memilih ustad yang memiliki keahlian di bidangnya," ujar Wakil Sekretaris Jenderal MUI Amirsyah Tambunan, seperti dikutip dari Tempo.co, Minggu (20/5/2018).

Sedangkan DPR menilai Kementerian Agama terlalu jauh. "Peran negara hanya memfasilitasi agar kehidupan keagamaan rukun, damai, dan jangan terlalu ikut campur terhadap kehidupan keagamaan," kata Ace seperti dikutip dari detikcom, kata Wakil Ketua Komisi Agama di DPR, Ace Hasan.

Rosmah Mansor dan 5 truk tas mewah

Mantan Perdana Menteri Najib Razak dan sang istri Rosmah Mansor ketika menghadiri ASEAN Summit di Kuala Lumpur, Malaysia (25/11/2015).
Mantan Perdana Menteri Najib Razak dan sang istri Rosmah Mansor ketika menghadiri ASEAN Summit di Kuala Lumpur, Malaysia (25/11/2015). | Fazry Ismail /EPA

Istri dari mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak ramai jadi bahan perbincangan di negeri jiran. Pasalnya, telah terjadi kebocoran data mengenai barang-barang mewah milik perempuan bernama lengkap

Datin Paduka Seri Hajjah Rosmah Mansor, istri mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak membetot perhatian publik internasional gara-gara koleksi tasnya.

Komisi antikorupsi negeri jiran itu tengah menyelidiki dugaan korupsi terhadap Najib Razak dalam konspirasi besar penipuan dan pencucian uang miliaran dolar AS dari dana negara 1 Malaysian Development Berhad (1MDB).

Dari hasil penggeledahan dua unit kediaman pribadinya di Jalan Langgak Duta, Taman Duta, Kuala Lumpur, polisi mengangkut banyak tas mewah serta perhiasan.

Jumlahnya mencapai 284 kotak berisi tas, 72 kantung berisi perhiasan, serta satu brankas besi, yang diangkut menggunakan 5 truk.

Barang-barang itu sebagian besar diduga adalah milik Rosmah Mansor. Sosoknya seketika disandingkan dengan Imelda Marcos, mantan istri presiden ke-10 Filipina, Ferdinand Marcos, yang terlibat kasus korupsi dan dianggap sebagai diktator.

Dalam biografi resminya yang terbit 5 tahun lalu, Rosmah menyatakan sebagai istri dari seorang pimpinan negara dirinya harus selalu menjaga penampilan agar senantiasa terlihat pantas dan rapi. Mansor tak ingin Malaysia menanggung malu jika negara lain mengolok-oloknya kalau harus tampil lusuh (h/t South China Morning Post).

Celotehannya pun bak jadi bumerang baginya. Sebab, tak lama setelah penggeledahan dilakukan, beredar foto-foto Mahathir Mohamad, Perdana Menteri yang baru saja terpilih kembali untuk memimpin Malaysia mengenakan sepasang sandal bermerek Bata yang hanya dibanderol harga US $4 atau sekitar Rp56 ribu saja.

Radius 3 km Merapi mulai dikosongkan

Petugas Pos Pengamatan Gunung Merapi menunjukkan grafik aktivitas Gunung Merapi melaului layar monitor di Ngepos, Srumbung, Magelang, Jawa Tengah, Senin (21/5/2018).
Petugas Pos Pengamatan Gunung Merapi menunjukkan grafik aktivitas Gunung Merapi melaului layar monitor di Ngepos, Srumbung, Magelang, Jawa Tengah, Senin (21/5/2018). | Anis Efzudin /Antara Foto

Gunung Merapi di Jawa Tengah masuk status waspada pada Senin (21/5/2018) malam. Dua kali erupsi freatik Tengah itu meningkat jadi Waspada (level II) sehingga radius 3 km harus dikosongkan.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi ( BPPTKG ) Yogyakarta melalui siaran pers Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)menjelaskan masyarakat dalam radius 3 km pun diminta mengungsi dan terlarang untuk aktivitas. Kegiatan pendakian juga dilarang total, kecuali untuk petugas berwenang dan penelitian demi mitigasi bencana.

Masyarakat mulai mengungsi pada pukul 18:30 WIB. Sebagian warga Kalitengah Lor dan Kalitengah Kidul melakukan evakuasi mandiri ke Balai Desa Glagaharjo. Tercatat hingga 298 jiwa yang sebagian besar terdiri dari lansia, perempuan, dan anak-anak.

Jumlah pengungsi diperkirakan bakal bertambah. Namun, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan seluruh tim dalam satu koordinasi sudah siaga mendistribusikan bantuan.

Sedangkan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengimbau masyarakat hanya mendengarkan pembaruan dan sebaran informasi tentang peristiwa Gunung Merapi yang dikeluarkan dari lembaga pemerintah seperti BPBD atau pemerintah daerah. Sutopo meminta warga tidak percaya begitu saja pada isu yang beredar dalam masyarakat.

Empat Kisah dari penikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle

Pernikahan bangsawan (Royal Wedding) Pangeran Harry dan Meghan Markle usai dilaksanakan, Sabtu (19/5/2018) menghadirkan 4 cerita.

Markle, artis Hollywood itu laiknya Cinderella modern. Markle, yang asalnya bukan dan keturunan kulit hitam Afrika-Amerika, berusia tiga tahun lebih tua, dan pernah nikah serta cerai. Sosoknya sukses mendobrak beberapa hal yang sebelumnya tabu oleh kerajaan. Markle yang juga seorang feminis dinilai sebagai pembawa harapan bagi hal-hal baik pada masa depan.

Gaun dalam pernikahannya dinilai sangat sederhana, nyaris tanpa detail yang terlalu ramai.Gaun putih berbahan sutra yang dikenakan Markle merupakan rancangan Clare Waight Keller, direktur kreatif di balik label Givenchy.

Menurut siaran pers Kensington Palace, Keller dipilih untuk merancang gaun Markle karena desainnya yang tak lekang waktu, estetis, elegan, memiliki potongan yang sempurna, dan tak terlampau kaku.

Latar belakang sebagai artis, membuat banyak pesohor yang hadir dalam penikahan ini.

Markle mendapat gelar kebangsawanan Duchess of Sussex. Gelar ini diberikan oleh sang nenek, Ratu Elizabeth II. Markle merupakan Duchess pertama yang dimiliki oleh wilayah Sussex. Gelar ini sedianya terakhir kali diberikan kepada istri Pangeran Augustus Frederick yang hidup pada 1773-1843. Tapi pernikahan Frederick tidak ayahnya, Raja George III

Menebar THR memancing elektabilitas

Presiden Joko Widodo bersama menteri kabinetnya mengumumkan THR dan gaji ke-13 kepada PNS dan pensiunan di Istana Negara Jakarta, Rabu (23/5). Dua tunjangan ini menyedot Rp35,76 triliun duit APBN.
Presiden Joko Widodo bersama menteri kabinetnya mengumumkan THR dan gaji ke-13 kepada PNS dan pensiunan di Istana Negara Jakarta, Rabu (23/5). Dua tunjangan ini menyedot Rp35,76 triliun duit APBN. | Wahyu Putro A /Antara Foto

PNS pada Lebaran kali ini menang banyak. Pegawai pemerintah ini mendapat tiga keuntungan: cuti panjang, THR, dan gaji ke-13. Tak hanya itu, komponen gaji itu juga bertambah. Bukan hanya gaji pokok, tapi termasuk di dalamnya adalah tunjangan keluarga, tunjangan tambahan dan tunjangan kinerja.

Itu masih ditambah lagi, THR dan gaji ke-13 itu pajaknya juga ditanggung pemerintah.

Namun, ingat uang THR yang diberikan kepada mereka ini dibebankan kepada APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) dan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah).

Total duit yang dipakai untuk THR dan gaji ke-13 mencapai Rp35,76 triliun atau naik 68,92 persen pembayaran tahun lalu.

THR ini justru diberikan saat Rupiah melemah dan APBN sedang defisit. Rupiah sedang terpuruk di bawah level 14.000. APBN, hingga akhir April lalu defisit hingga Rp55,1 triliun.

Wakil Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto menilai, kenaikan THR dan gaji ke-13 ini akan membebani APBN. Dia menilai, bonus ini akan segera dicairkan karena akan mempengaruhi elektabilitas Presiden Joko Widodo dalam Pemilihan Presiden tahun depan.

"Karena elektabilitas enggak bisa ditunda, kalau Presiden enggak didukung gimana, pasti akan dicairkan," kata dia Rabu (23/5/2018) seperti dikutip dari Metrotvnews.com.

Namun di sisi lain, Eko menilai kenaikan THR secara signifikan akan mendorong konsumsi pada kuartal ke II tahun ini. "Dampaknya cukup signifikan untuk dorong konsumsi," ujarnya.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR