RINGKASAN SEPEKAN

Debat kekuatan TNI, akuisisi Freeport, hingga janji pedangdut

Freeport hingga ISIS
Freeport hingga ISIS | Robotorial /beritagar.id

Debat soal kekuatan militer Indonesia antara dua calon presiden (capres) menjadi berita yang paling diperhatikan sepanjang pekan lalu.

Selain itu, ada lima berita lain yang tak kalah menarik perhatian, mulai dari tuduhan Prabowo Subianto bahwa akuisisi Freeport adalah aksi pura-pura, hingga janji biduanita Annisa Bahar jika ia berhasil terpilih sebagai anggota legislatif.

Berikut adalah ringkasan 6 berita populer dalam sepekan (31/3/2019-5/4/2019) :

Cek fakta kekuatan militer Indonesia

Anggota Komando Pasukan Katak (Kopaska) memacu Sea rider untuk membebaskan sandera saat Latihan Kesiapsiagaan TNI AL di Kawasan Suralaya, Cilegon, Banten, Kamis (28/3/2019).
Anggota Komando Pasukan Katak (Kopaska) memacu Sea rider untuk membebaskan sandera saat Latihan Kesiapsiagaan TNI AL di Kawasan Suralaya, Cilegon, Banten, Kamis (28/3/2019). | Oktomauliyadi /AntaraFoto

Calon presiden nomor urut 01 Joko "Jokowi" Widodo bersikeras meluruskan beda pendapat kinerja pertahanan dan keamanan dengan rivalnya, Prabowo Subianto, dalam debat Sabtu (30/3/2019) malam.

Saat melakukan safari politiknya di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (31/3/2019), Jokowi kembali menekankan dukungan serta kepercayaannya, baik kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI) maupun Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Dalam argumennya, Jokowi berani menyatakan bahwa kekuatan militer Indonesia berada pada posisi pertama dibandingkan negara lain di kawasan ASEAN. Bahkan, Indonesia berhasil menduduki peringkat ke-15 dari 136 negara di dunia.

Jokowi memang mendapat tekanan cukup sengit saat berdebat dengan Prabowo terkait isu pertahanan dan keamanan. Prabowo kerap menegaskan bahwa kekuatan militer kita jauh tertinggal, diukur dari alat pertahanan hingga anggaran.

Pada satu sisi, Jokowi memang tak menampik bahwa prioritas alokasi anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) saat ini belum menyentuh pertahanan dan keamanan, melainkan masih dalam bidang infrastruktur disusul sumber daya manusia.

Kendati begitu, anggaran untuk pertahanan yang dicatat Kementerian Keuangan untuk tahun 2019 pada dasarnya meningkat 0,74 persen ketimbang tahun sebelumnya.

Baca selengkapnya disini.

Akuisisi Freeport disebut cuma pura-pura

Capres nomor urut 01 Joko Widodo dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto berjabat tangan saat debat capres keempat di Hotel Shangri La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019). Dalam yang mengangkat tema Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, serta Hubungan Internasional, Prabowo menyoal keberhasilan pemerintah Indonesia memiliki 51 persen saham PT Freeport Indonesia (PTFI).
Capres nomor urut 01 Joko Widodo dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto berjabat tangan saat debat capres keempat di Hotel Shangri La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019). Dalam yang mengangkat tema Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, serta Hubungan Internasional, Prabowo menyoal keberhasilan pemerintah Indonesia memiliki 51 persen saham PT Freeport Indonesia (PTFI). |

Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, dalam debat calon presiden (capres) keempat, Sabtu (30/3/2019), menyinggung keberhasilan pemerintah Indonesia dalam mengambil alih 51 persen saham PT Freeport Indonesia (PTFI). Prabowo menyebutnya cuma pura-pura.

Penilaian itu dibantah capres nomor urut 01 Joko "Jokowi" Widodo. Akuisisi saham Freeport, kata capres petahana ini, justru menguntungkan Indonesia. Selama puluhan tahun Indonesia hanya mendapat 9,36 persen dividen dari PTFI. Setelah akuisisi, mulai 2022 Indonesia akan menikmati 51 persen dividen PTFI.

Selain ekonomis, kata Jokowi, keuntungan lain yang diperoleh Indonesia adalah transfer pengetahuan. Indonesia bisa belajar mengelola sendiri tambang emas terbesar dunia di Papua.

"Freeport bertahun-tahun dapat 9 persen enggak ada. Malah kita ambil 51 persen itu kita bisa ikut mengelola tambang yang ada," ujar Jokowi.

Baca selengkapnya disini.

Berbagi kursi menteri jika Prabowo menang

Kubu Prabowo membuka rencana komposisi kabinet. Jika nanti tak terpenuhi bisa mengecewakan pendukung.
Kubu Prabowo membuka rencana komposisi kabinet. Jika nanti tak terpenuhi bisa mengecewakan pendukung. | Salni Setyadi /Beritagar.id

Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Hashim Djodjohadikusumo, di Jakarta pekan ini (1/4/2019) bilang, "Ya, kami sudah sepakat. Kalau Prabowo-Sandi menang, sudah ada tujuh menteri untuk PAN, enam kursi untuk PKS.

Adapun dua partai lain pendukung Prabowo, yakni Partai Demokrat dan Partai Berkarya, menurut Hashim masih dipertimbangkan.

Baca selengkapnya disini.

Janji caleg biduanita dangdut

Janji caleg Nasdem ini, dia akan menyanyi gratis di dapil. Entahlah pakai goyang atau tidak. Tak perlu jungkir balik.
Janji caleg Nasdem ini, dia akan menyanyi gratis di dapil. Entahlah pakai goyang atau tidak. Tak perlu jungkir balik. | Salni Setyadi /Beritagar.id

Janji adalah utang yang harus dilunasi. Ada saja calon legislator yang berjanji siap jungkir balik demi rakyat. Misalnya Roy Suryo (Partai Demokrat; DPR RI), Adang Juhandi, (DPR RI; PAN, Cirebon, Jawa Barat), dan Mandiri Ratu Warang Agung (Partai Keadilan Sejahtera; DPRD Banyuwangi, Jawa Timur). Mereka memasang baliho dengan desain terbalik.

Sedangkan Annisa Bahar (44), penyanyi dangdut, caleg DPR RI dari Partai Nasional Demokrat, berjanji jika terpilih akan menyanyi gratis.

Namun ada syaratnya: hanya untuk konstituen, di Daerah Pemilihan Jawa Tengah IX (Brebes, Tegal, Kota Tegal).

Baca selengkapnya disini.

ISIS kalah tapi sebarannya masih dikhawatirkan

Data persepsi ancaman keamanan
Data persepsi ancaman keamanan | Lokadata Beritagar.id

Seiring dengan dinyatakannya kekalahan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) oleh Pasukan Demokratik Suriah (SDF) tak serta merta menyelesaikan masalah yang ada.

Banyak negara harus bergerak untuk menyelamatkan warga negaranya yang sempat digunakan sebagai tameng oleh ISIS selama ini. Salah satu yang tengah mempertimbangkannya adalah Indonesia.

Akan tetapi, masih banyak masyarakat yang khawatir para mantan pendukung ISIS yang dipulangkan akan terus membawa paham radikal dan ideologi mereka ke dalam lingkungan.

Hasil survei PEW Research Center pada 2017 menunjukkan 74 persen warga Indonesia yang menjadi responden menganggap ISIS adalah ancaman utama. Angka itu meningkat menjadi 81 persen pada 2018.

Baca selengkapnya disini.

Tiga rencana genjot ekonomi Indonesia Timur

Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Menko Perekonomian Darmin Nasution (kedua kanan) saat meresmikan proyek Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, Senin (1/4/2019).
Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Menko Perekonomian Darmin Nasution (kedua kanan) saat meresmikan proyek Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, Senin (1/4/2019). | Wahyu Putro A /AntaraFoto

Tiga proyek strategis nasional yang baru diresmikan Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Manado, Sulawesi Utara, Senin (1/4/2019), diproyeksikan bakal menyerap investasi hingga lebih dari Rp100 triliun.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memaparkan tiga proyek strategis tersebut terbagi atas tiga kelompok. Pertama, kawasan ekonomi khusus (KEK) yakni KEK Bitung, Sulawesi Utara; KEK Morotai, Maluku Utara; dan KEK Maloy Batuta Trans Kalimantan, Kalimantan Timur.

Kedua, tol Manado-Bitung. Proyek ini memakan biaya investasi hingga Rp9,7 triliun dan ditargetkan rampung pada 2019.

Terakhir, Pelabuhan Peti Kemas Bitung. Sama seperti Tol Manado-Bitung, proyek pembangunan pelabuhan ini baru mencapai 80 persen.

Darmin optimistis pembangunan pelabuhan rampung berbarengan dengan Tol Manado-Bitung. Adapun nilai investasi pelabuhan mencapai Rp373 miliar.

Baca selengkapnya disini.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR