SOROTAN MEDIA

Denda oleh Grab dan pencurian uang penumpang

Pengemudi ojek daring sedang menunggu penumpang di kawasan Paledang, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (15/1/2019)
Pengemudi ojek daring sedang menunggu penumpang di kawasan Paledang, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (15/1/2019) | Yulius Satria Wijaya /Antara Foto

Sejak Senin lalu (17/6/2019) layanan transportasi berbasis aplikasi, Grab Indonesia, melakukan uji coba denda selama sebulan. Denda itu untuk pemesan layanan mobil GrabCar maupun ojek GrabBike.

Jika membatalkan order GrabCar, pemesan akan dipungut Rp 3.000. Sedangkan untuk pembatalan Grab Bike akan ditarik Rp 1.000. Masyarakat menyimpulkan itu denda.

Denda akan berlaku setelah lima menit lebih pemesan beroleh pengemudi tapi membatalkannya. Denda juga dikenakan jika pemesan tak nongol saat pengemudi tiba. Namun jika sebelum lima menit pemesan membatalkan, tidak akan ada denda.

Belum jelas, uang denda akan masuk ke kantong perusahaan ataukah pengemudi. Terhada denda tersebut, Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan Ahmad Yani mengatakan, "Ya itu namanya pencurian uang kita dong."

Ringkasan

  • Polemik yang menyangkut transportasi online di Indonesia sepertinya belum usai.
  • Grab Indonesia melakukan uji coba penerapan denda bagi penumpang yang membatalkan perjalanan.
  • Rencananya uji coba akan berlangsung selama sebulan.
  • Grab menerapkan besaran denda pembatalan yang sama di Lampung dan Palembang.
  • Denda pembatalan perjalanan GrabBike di Lampung dan Palembang yakni Rp 1.000.

Sebaran media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 6 pemberitaan, diikuti peringkat kedua kontan.co.id dengan 2 pemberitaan. selanjutnya tirto.id dengan 1 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran linimasa

Sebaran topik dimulai sejak pukul 03:00 hingga 19:00 WIB, dan merupakan puncak dari pemberitaan dengan total 2 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh kompas.com dengan 106 interaksi, diikuti peringkat kedua lampung.co dengan 85 interaksi. Selanjutnya tribunnews.com dengan 35 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR