PROSTITUSI ONLINE

Di balik tren tebakan inisial artis yang terlibat prostitusi

Muncikari artis, Robbie Abbas, saat sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (18 Agustus 2015).
Muncikari artis, Robbie Abbas, saat sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (18 Agustus 2015). | Dian Triyuli Handoko /Tempo

Kepolisian menangkap dua orang yang diduga sebagai muncikari prostitusi kalangan artis, berinisial F dan O, di sebuah hotel bintang lima, di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Kamis (10/12/2015). Bersama mereka turut ditahan dua artis berinisial NM dan PR.

Di media sosial, kabar penangkapan ini melahirkan spekulasi. Netizen ramai menebak nama artis di balik inisial NM dan PR itu. Netizen mengaitkan inisial NM dengan pesohor, Nikita Mirzani. Adapun inisial PR dihubungkan dengan model, Puty Revita.

Meningkatnya frekuensi penyebutan nama keduanya bisa terlihat dalam statistik Topsy. Jumat siang (11/12), kata kunci "Nikita Mirzani" mencapai lebih dari 18 ribu kicauan. Sementara "Puty Revita" mencuat hingga nyaris mendekati angka 500 kicauan.

Tebakan inisial nama artis ini juga berbuah tren Twitter. Jumat siang (11/12), kata kunci "Nikita Mirzani" masuk daftar tren Indonesia. Di sisi lain, sempat beredar kabar bahwa PR merupakan finalis Puteri Indonesia. Hal itu membawa "Puty Revita" dan "Putri Indonesia" bertengger di daftar tren Indonesia.

Belakangan, Yayasan Puteri Indonesia membantah bila PR merupakan jebolan kontes kecantikan yang mereka selenggarakan.

"Kami Yayasan Puteri Indonesia menyatakan bahwa PR itu 100 persen bukan finalis Puteri Indonesia. Sehingga tidak benar apa yang diberitakan bahwa PR adalah finalis Puteri Indonesia," kata Head of Communication Yayasan Puteri Indonesia, Mega Angkasa, dilansir Detikcom, Jumat (11/12).

Adapun laman Wikipedia mencatat nama Puty Revita, sebagai kontestan Miss Indonesia 2014 dari Kalimantan Timur.

Frekuensi kicauan yang memuat kata kunci "Nikita Mirzani" dan "Puty Revita" meningkat. 11 Desember 2015. pukul 12.00 WIB.
Frekuensi kicauan yang memuat kata kunci "Nikita Mirzani" dan "Puty Revita" meningkat. 11 Desember 2015. pukul 12.00 WIB. | Istimewa /Topsy

Penyebutan nama keduanya juga tak bisa dilepaskan dari pemberitaan media. Pencarian Google menunjukkan sejumlah artikel yang turut menyebut nama keduanya--termasuk dalam judul artikel. Sila lihat hasil pencarian Google: "Nikita Mirzani" dan "Puty Revita".

Misalnya, CNN Indonesia menuliskan judul salah satu artikel mereka: "Muncikari Nikita Mirzani Dijerat Pidana Perdagangan Orang". "Dalam penangkapan itu, turut dibawa pula ke Markas Besar Kepolisian RI dua artis yang terlibat praktik prostitusi online. Mereka adalah Nikita Mirzani dan PR," demikian petikan laporan CNN Indonesia itu.

Contoh lain, artikel "Puty Revita, Finalis Miss Indonesia yang Terlibat Pelacuran Artis" dari RimaNews. Artikel itu menceritakan sekilas profil Puty Revita. Konon, ia ditangkap dengan "barang bukti berupa kondom, rekaman CCTV, kuitansi pembayaran kamar, kunci kamar, dan uang sebesar Rp7 juta."

Sebagai catatan, status NM dan PR saat ini adalah sebagai saksi korban. Dalam kasus macam ini, yang akan dijerat secara hukum adalah muncikari artis. Sementara pekerja seks dan pengguna jasa tidak dijerat.

Jerat hukum itu juga dianggap timpang oleh terdakwa muncikari artis (dalam kasus sebelumnya), Robby Abbas. Karenanya, Robby pun mengajukan uji materi Kitab Undang-undang Hukum Pidana ke Mahkamah Konstitusi.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR