74 TAHUN INDONESIA MERDEKA

Di bawah kuasa televisi

Persentase penduduk 5 tahun ke atas yang mengakses media.
Persentase penduduk 5 tahun ke atas yang mengakses media. | Lokadata /Lokadata

Senja kala | Radio termasuk media yang paling berjasa mewartakan kemerdekaan Indonesia. Lewat penyiar Joesoef Ronodipoero, kemerdekaan Indonesia mendunia. Pun surat kabar Merdeka yang memuat foto pembacaan naskah proklamasi.

Kini, 74 tahun Indonesia merdeka. Adakah senja kala media cetak dan radio? Bisa jadi, meski keduanya tetap menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Keberadaan radio dan media cetak senantiasa ada di bawah bayang-bayang televisi.

Pesawat televisi menjadi barang wajib bagi masyarakat Indonesia.Makan gak makan, yang penting bisa menonton televisi. Penduduk Indonesia sepenuhnya berada di bawah kuasa televisi ketika bermunculan pemain swasta mulai 1989.

Televisi kini tak sendiri. Ada internet yang kian melesat dari tahun ke tahun. Internet kian digandrungi ketika maraknya media sosial. Penetrasi internet dan infrastrukturnya pun kian menyebar ke seluruh Indonesia.

Data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet menyatakan bahwa pengguna internet Indonesia sepanjang tahun 2018 sebesar 171,17 juta atau 64,8 persen dari total populasi penduduk Indonesia yang 264,14 juta.

Adapun data BPS menyatakan persentase penduduk 5 tahun ke atas yang mengakses internet sebesar 39,9 persen. Data APJII dan BPS sama-sama mencatat tren lonjakan pengakses internet. Bisa jadi akan menggoyahkan kuasa televisi.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR