TRANSPORTASI MASSAL

Diskon tiket MRT: Separo harga, setengah kereta

Anies kasih korting 50 persen untuk tiket MRT. Alasannya, baru delapan dari 16 kereta yang tersedia. Tapi diskon cuma selama April.
Anies kasih korting 50 persen untuk tiket MRT. Alasannya, baru delapan dari 16 kereta yang tersedia. Tapi diskon cuma selama April. | Sandy Nurdiansyah /Beritagar.id

Ratangga, MRT Jakarta itu, selama April ini cuma memungut ongkos 50 persen. Tidak sama rata, tetapi sesuai ruas trayek. Misalnya dari Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, ke Dukuh Atas, juga di Jakpus, yang mestinya Rp3.000 menjadi Rp1.500.

Kalau dari Bundaran HI ke Lebakbulus, Jakarta Selatan, yang seharusnya Rp14.000 menjadi Rp7.000. Demikian pula untuk rute sebaliknya. → Selebihnya sila lihat infografik

Beberapa catatan tentang tarif MRT ini:

  • MRT Jakarta betul-betul baru, karena diresmikan Ahad 24 Maret lalu, oleh Presiden Joko Widodo.
  • Uji coba untuk publik, secara gratis, berlangsung selama 12-23 Maret lalu. Pada hari terakhir boleh naik MRT dengan percuma, menurut Corporate Secretary MRT Jakarta, Muhammad Kamaluddin, 160.000 penumpang memanfaatkannya. "Sehari sebelumnya 99 ribu penumpang. Awalnya 40 penumpang per hari waktu di awal uji publik, naik terus menjadi 160 ribu penumpang per hari," ujar Kamaluddin.
  • "Kemarin terakhir luar biasa, kemarin 160 ribu penumpang, sehari sebelumnya 99 ribu penumpang. Awalnya 40 penumpang per hari waktu di awal uji publik, naik terus menjadi 160 ribu penumpang per hari," kata dia.
  • Operasi secara komersial mulai 1 April kemarin. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerapkan diskon 50 persen. Alasannya, "Sebenarnya secara operasional juga belum lengkap karena Ratangga (sebutan kereta MRT Jakarta) yang beroperasi ada 8 dari 16 (rangkaian kereta)."
  • Oh ya, kereta atau gerbong? Bila tata peristilahan merujuk UU Perkeretaapian, dalam penjelasan Pasal 96 disebutkan bahwa kereta untuk mengangkut orang, dan gerbong untuk mengangkut barang.
  • Kembali ke korting: hanya berlangsung selama April 2019. Setelah itu, dengan maupun tanpa penambahan kereta, tarif yang berlaku tetap harga normal.
  • Meski MRT masih gres, ada juga penumpang yang mengeluhkan bau pesing di dalam (Rabu, 3/4/2019)
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR