SOROTAN MEDIA

Dua kelompok warga bentrok di Mesuji, 3 tewas

Foto ilustrasi: Pasukan Brimob tengah menjaga keamanan.
Foto ilustrasi: Pasukan Brimob tengah menjaga keamanan. | Jimmy Pontoh /Shutterstock

Bentrok berdarah terjadi di Register 45 Mekarjaya, Kabupaten Mesuji, Lampung, Rabu (17/7/2019), sekitar pukul 14.00 WIB. Empat orang dikabarkan tewas akibat peristiwa tersebut. Namun pada Kamis (18/7), Polda Lampung meralat kabar tersebut dengan menyatakan 3 tewas dan 1 dalam kondisi amat kritis.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, mengatakan penyebab dari bentroknya dua kelompok tersebut, yaitu Mekar Jaya Abadi KHP Register 45 SBM dan Pematang Panggang Mesuji Raya, dikarenakan pembajakan di area tanah seluas setengah hektare milik warga Mekar Jaya.

Polda Lampung mengerahkan 1 satuan setingkat kompi (SSK) atau 100 personel Brimob untuk mengamankan situasi seusai bentrokan . Situasi saat ini telah kondusif.

Ringkasan

  • Konflik berawal dari datangnya alat berat bajak milik kelompok Pematang Panggang Mesuji Raya dan melakukan pembajakan di lokasi KHP Register 45 Mekar Jaya Abadi pada Rabu (17/7/2019) pukul 11.00 WIB.
  • Alat tersebut melakukan pembajakan di area tanah seluas setengah hektare milik Yusuf (41) yang merupakan kelompok dari Mekar Jaya Abadi.
  • Warga Mekar Jaya kemudian mengusir orang yang membawa bajak tersebut. Anggota Pematang Panggang yang diusir itu lalu balik lagi ke lokasi membawa massa bersenjata tajam dan pertikaian pun terjadi.
  • Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad membenarkan empat orang tewas dalam insiden tersebut.
  • Selain itu, tujuh orang warga dilaporkan terluka.
  • Sejumlah personel polisi telah dikerahkan untuk melokalisir tempat kejadian. 100 Brimob dikerahkan untuk menjaga situasi tetap kondusif.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 9 pemberitaan, diikuti peringkat kedua tribunnews.com dengan 7 pemberitaan. selanjutnya liputan6.com dengan 4 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 09:00 hingga 22:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 19:00 WIB dengan total 10 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh teraslampung.com dengan 3006 interaksi, diikuti peringkat kedua radarlampung.co.id dengan 844 interaksi. Selanjutnya tribunnews.com dengan 780 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Berita mengalami perubahan karena Polda Lampung mengoreksi jumlah korban tewas dalam kerusuhan di Mesuji dari sebelumnya 4 tewas, menjadi 3 tewas dan 1 dalam kondisi amat kritis.
Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR