SOROTAN MEDIA

Dua pemuda Riau bantah kencingi bendera Merah Putih

Ilustrasi: Relawan memasang bendera Merah Putih di halaman Gedung Perundingan Linggarjati, Kuningan, Jawa Barat, Kamis (8/8/2019).
Ilustrasi: Relawan memasang bendera Merah Putih di halaman Gedung Perundingan Linggarjati, Kuningan, Jawa Barat, Kamis (8/8/2019). | Dedhez Anggara /Antara Foto

Video dua pemuda di Indragiri Hulu (Inhu), Riau, yang dinarasikan tengah mengencingi bendera Merah Putih dan pohon yang bertuliskan lafaz Allah menjadi viral di media sosial. Polisi Inhu segera menangkap empat pemuda yang terlibat dalam video tersebut, tetapi kemudian menyatakan mereka tak bersalah.

Dua pemuda, MA (24) dan DO (21), menurut polisi, memang buang air kecil di dekat bendera dan pohon itu, tetapi mereka tidak mengencingi keduanya. Hanya saja, rekan mereka BG (22) merekam dan memberi narasi seolah-olah MA dan DO melakukan pelecehan. Video itu langsung diunggah di akun Instagram @boswestaaa.

"Didapat video atau bukti baru, di waktu yang sama saat kejadian itu, yang direkam oleh temannya juga FA (21), namun dengan sisi yang berbeda yang menunjukkan hasil video yang juga berbeda," jelas Kapolres Inhu, AKBP Dasmin Ginting, Minggu (11/8/2019).

Ringkasan

  • Polres Indragiri Hulu (Inhu), Riau, menangkap empat pemuda yang diduga mengencingi Bendera Merah Putih.
  • Empat pemuda itu diamankan setelah video mengenai para pemuda yang diduga sedang mengencingi Bendera Merah Putih viral di media sosial Instagram.
  • Dalam unggahan akun Instagram @lambe_turah, video itu berasal dari story akun @boswestaa, yang kini sudah lenyap.
  • Kapolres Inhu AKBP Dasmin Ginting mengatakan, dari hasil interogasi pihak kepolisian mereka tidak mengencingi bendera serta lafaz Allah, hanya saja aksi itu direkam oleh temannya serta diberikan narasi seakan-akan kejadian di video itu memang tengah mengencingi bendera dan lafaz Allah.
  • "Saudara MA buang air kecil di bawah bendera merah putih yang digantung (air seninya tidak mengenai bendera) di dekat pohon di depan parkir kendaraan," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo.

  • Dedi menuturkan, DO buang air di samping pohon tempat bendera tergantung dan air seninya tidak mengenai bendera.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 4 pemberitaan, diikuti peringkat kedua sindonews.com dengan 3 pemberitaan. selanjutnya prokal.co dengan 2 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 01:00 hingga 21:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 11:00 WIB dengan total 4 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh kompas.com dengan 2358 interaksi, diikuti peringkat kedua tribunnews.com dengan 1947 interaksi. Selanjutnya detik.com dengan 310 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR