SOROTAN MEDIA

Ekspor tembus Rp1,4 triliun, UMKM mulai rambah digital

Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (tengah), Ketua Dewan Dekranas Mufidah Jusuf Kalla (kedua kanan) dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (kiri) meninjau Pameran Karya Kreatif Indonesia di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (12/07/2019). Pameran bertema Mendorong Pertumbuhan Melalui UMKM Go Export dan Go Digital tersebut menampilkan UMKM unggulan binaan Bank Indonesia.
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (tengah), Ketua Dewan Dekranas Mufidah Jusuf Kalla (kedua kanan) dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (kiri) meninjau Pameran Karya Kreatif Indonesia di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (12/07/2019). Pameran bertema Mendorong Pertumbuhan Melalui UMKM Go Export dan Go Digital tersebut menampilkan UMKM unggulan binaan Bank Indonesia. | Puspa Perwitasari/ama /ANTARA FOTO

Bank Indonesia (BI) pada Jumat (12/7/2019) menggelar pameran tahunan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019, di Jakarta Convention Center (JCC). Ajang ini memamerkan komoditas yang dihasilkan oleh 370 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan BI.

Presiden Joko Widodo yang membuka acara tersebut, memuji peningkatan kualitas, baik produk,kemasan maupun branding dari peserta. Sementara Gubernur BI Perry Warjiyo melaporkan, UMKM binaan BI sudah membukukan ekspor senilai Rp1,4 triliun sampai pertengahan 2019.

BI saat ini membina 898 UMKM, 91 di antaranya sudah berhasil menembus pasar ekspor. Selain berorientasi ekspor UMKM binaan BI juga didorong untuk go digital. Saat ini sudah 355 UMKM menggunakan platform e-dagang, nilai jualannya lebih dari Rp32 miliar.

Ringkasan

  • Pameran Karya Kreatif Indonesia, dibuka Presiden Jokowi, di Jakarta Convention Center (12/7/2019)
  • Sebanyak 370 UMKM binaan BI terdiri dari 120 UMKM kategori kain, 88 kerajinan, dan 154 jenis produk kuliner olahan termasuk kopi, memamerkan produknya.
  • BI melalui 46 kantor cabangnya, melakukan pembinaan agar UMKM mendapatkan akses pembiayaan, peningkatan kualitas, sampai mendapatkan akses pasar.
  • BI juga mendorong UMKM menggunakan bahan baku alami untuk mengurangi ketergantungan impor.
  • UMKM binaan bank sentral tidak hanya didorong untuk go ekspor. Tapi juga didorong untuk go digital dengan memasarkan produk-produknya di platform e-commerce.
  • Jokowi mengatakan UMKM binaan BI sedah naik kelas.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 8 pemberitaan, diikuti peringkat kedua okezone.com dengan 6 pemberitaan. selanjutnya medcom.id dengan 2 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 04:00 hingga 14:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 10:00 WIB dengan total 10 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh viva.co.id dengan 18 interaksi, diikuti peringkat kedua katadata.co.id dengan 17 interaksi. Selanjutnya suara.com dengan 7 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR