Enam fakta seputar kulit kabel penyumbat selokan di dekat Istana

Petugas Suku Dinas Tata Air Jakarta Pusat mencari sisa kulit kabel di saluran air Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (3/3). Kulit kabel sebanyak dua truk kembali diangkat dan dibawa ke tempat penampungan sementara di Bendungan Hilir, Jakarta Pusat.
Petugas Suku Dinas Tata Air Jakarta Pusat mencari sisa kulit kabel di saluran air Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (3/3). Kulit kabel sebanyak dua truk kembali diangkat dan dibawa ke tempat penampungan sementara di Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. | Yossy Widya /ANTARA FOTO

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok pusing bukan kepalang. Hujan yang mengguyur Jakarta pada Selasa (9/2/2016) itu masih membuat genangan air di sejumlah ruas jalan, termasuk di Jalan Medan Merdeka Utara, tempat Istana Negara. Di depan jalan kantor Presiden Joko Widodo ini, genangan air mencapai 25 sentimeter.

Ahok heran kenapa genangan masih terjadi padahal setelah kawasan Istana Negara itu pernah tergenang pada 2015 lalu, Pemerintah Provinsi DKI langsung bergerak cepat membersihkan drainase di sekitar Ring 1 itu.

Genangan serupa juga terjadi di depan Kedutaan Besar AS hingga Balai Kota, tempat Ahok berkantor, saat Jakarta diguyur hujan pada 23 Februari 2016. Ahok pun lekas bergerak. Ia memerintahkan anak buahnya mengecek seluruh saluran yang ada di jalan itu.

Berikut enam fakta seputar kulit kabel penyumbat selokan itu:

1. Sumbatan kulit kabel pertama kali ditemukan pada Rabu (24/2/2016), saat petugas dari Suku Dinas Tata Air Jakarta Pusat di selokan depan kantor Kementerian ESDM. Pada hari itu, petugas mengangkat kulit kabel sebanyak satu truk penuh. Petugas pun terus menggali selokan itu. Ternyata hingga Rabu (3/3/2016), kulit kabel yang diangkut mencapai 17 truk dan terus bertambah hingga 20 truk ukuran sedang.

2. Kulit kabel itu menutup selokan sepanjang 40 meter di sepanjang selokan Jalan Medan Merdeka Selatan.

3. Kulit kabel yang ditemukan di sepanjang Jalan Medan Merdeka Selatan satu jenis. Sumbatan kulit kabel itu juga hanya ditemukan di sepanjang selokan Jalan Medan Merdeka Selatan.

Petugas mengoperasikan alat berat guna merapikan tumpukan sampah kulit kabel listrik di tempat penampungan gudang kendaraan berat Sudin Tata Air Jakarta Pusat, Bendungan Hilir, Jakarta, Kamis (3/3).
Petugas mengoperasikan alat berat guna merapikan tumpukan sampah kulit kabel listrik di tempat penampungan gudang kendaraan berat Sudin Tata Air Jakarta Pusat, Bendungan Hilir, Jakarta, Kamis (3/3). | Rivan Awal Lingga /ANTARA FOTO

4. Belum diketahui siapa pemilik maupun pembuang kulit kabel itu.

5. Polda Metro Jaya menyelidiki kaitan antara temuan kulit kabel di gorong-gorong Jalan Medan Merdeka Selatan dan kasus pencurian kabel yang terjadi enam tahun lalu.

6. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menemui Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya. Pertemuan dilakukan membahas permasalahan temuan kulit kabel yang menyumbat selokan di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR