SOROTAN MEDIA

Fahri Hamzah sebut persidangan Ratna Sarumpaet mubazir

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah (kanan) memberikan kesaksian bagi terdakwa kasus penyebaran berita bohong atau hoaks Ratna Sarumpaet (kiri) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (7/5/2019).
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah (kanan) memberikan kesaksian bagi terdakwa kasus penyebaran berita bohong atau hoaks Ratna Sarumpaet (kiri) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (7/5/2019). | Nalendra /Antara Foto

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah hadir dalam persidangan terdakwa kasus kabar bohong atau hoaks, Ratna Sarumpaet, di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Selasa (7/5/2019). Fahri menjadi saksi meringankan bagi Ratna.

Kabar ini disambut media hingga 77 pemberitaan pada Selasa (7/5) kurun pukul 02.00 hingga 13.00 WIB. Sedikitnya 10 media daring utama nasional meliput agenda kesaksian Fahri untuk Ratna di PN Jakarta Selatan.

Ringkasan

  • Kepastian kehadiran Fahri sebagai saksi diutarakan oleh seorang pengacara Ratna, Desmihardi, pada Senin (6/5). Desmihardi menyebutkan Fahri adalah rekan lama Ratna saat keduanya masih berkecimpung dalam dunia aktivis.
  • Fahri mengaku sempat mempercayai kebohongan yang Ratna buat, bahkan merespons berita penganiayaan tersebut dengan cukup keras.
  • Fahri mengatakan kasus hoaks yang menjerat Ratna ini mubazir. Menurut Fahri, Ratna sudah menggelar konferensi pers untuk minta maaf dan mengungkap kebohongannya sehingga kasus ini seharusnya tidak berlanjut ke pengadilan.
  • Fahri menilai perlakuan terhadap Ratna tidak adil. Dia pun berharap majelis hakim mau mempertimbangkan kesaksiannya.
  • Sementara Ratna mengatakan bahwa Fahri adalah orang yang konsisten membelanya. Fahri disebut selalu buka suara tentang Ratna di media.
  • Selain Fahri, pengacara Ratna juga akan menghadirkan saksi meringankan lain. Status mereka adalah karyawan Ratna, Cahaya dan Frans Asisi, tapi tidak bersaksi pada Selasa (7/5).

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 13 pemberitaan, diikuti peringkat kedua medcom.id dengan 8 pemberitaan. selanjutnya detik.com dengan 6 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 02:00 hingga 13:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 11:00 WIB dengan total 13 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah sebaran pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh detik.com dengan 2257 sebaran, diikuti peringkat kedua suara.com dengan 717 sebaran. Selanjutnya viva.co.id dengan 524 sebaran pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR