SOROTAN MEDIA

Fakta-fakta mendaratnya 7 pesawat tempur Prancis di Aceh

Prajurit TNI AU melakukan pengamanan terhadap pilot dan pesawat tempur Rafale Angkatan Laut Prancis di Lanud Sultan Iskandar Muda (SIM), Blangbintang, Aceh Besar, Aceh, Minggu (19/5/2019). Dari tujuh pesawat tempur Angkatan Laut Prancis yang mendarat darurat di Lanud SIM pada Sabtu (18/5/2019) karena cuaca buruk di sekitar kapal induk Charles De Gaule yang menjadi pangkalan pesawat itu, saat ini tinggal dua pesawat menunggu perbaikan, sedangkan lima pesawat lainnya sudah kembali ke kapal induk.
Prajurit TNI AU melakukan pengamanan terhadap pilot dan pesawat tempur Rafale Angkatan Laut Prancis di Lanud Sultan Iskandar Muda (SIM), Blangbintang, Aceh Besar, Aceh, Minggu (19/5/2019). Dari tujuh pesawat tempur Angkatan Laut Prancis yang mendarat darurat di Lanud SIM pada Sabtu (18/5/2019) karena cuaca buruk di sekitar kapal induk Charles De Gaule yang menjadi pangkalan pesawat itu, saat ini tinggal dua pesawat menunggu perbaikan, sedangkan lima pesawat lainnya sudah kembali ke kapal induk. | Ampelsa /Antara Foto

Pada Sabtu (18/5/2019) siang, tujuh pesawat tempur Angkatan Laut Prancis meminta izin untuk mendarat darurat di Lanud Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Aceh. Cuaca buruk membuat mereka tidak bisa kembali ke kapal induk Charles de Gaulle yang berada di Samudra Hindia, 100 mil laut arah barat Pulau Sumatra.

Pesawat jenis Dassault Rafale itu tengah melakukan latihan ketika cuaca mendadak berubah buruk dan mereka tak mungkin kembali ke kapal induk.

Pada Minggu (19/5), lima pesawat telah kembali ke Charles de Gaulle, sementara dua lagi tertahan di Aceh karena ada bagian yang harus diperbaiki.

Lebih dari 20 media daring merilis berita ini dan mendapat banyak tanggapan di media sosial. Warganet mempertanyakan apa yang tengah dilakukan Angkatan Laut Prancis di dekat perairan Indonesia.

Ringkasan

  • Tujuh pesawat tempur Angkatan Laut Perancis jenis Rafale terpaksa harus mendarat darurat di Lanud Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, akibat cuaca buruk, Sabtu (18/5/2019) sekitar Pukul 11.45 WIB.
  • Menurut Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda, Kolonel Pnb Hendro Arief, kedatangan tujuh pesawat tempur Perancis langsung direspon dengan sigap oleh jajaran Lanud Sultan Iskandar Muda.
  • Saat mendarat, personel Angkatan Udara langsung melakukan pengamanan dan pemeriksaan sesuai dengan SOP baik terhadap barang bawaan isi pesawat maupun kru Rafale.
  • Hasil pemeriksaan yang dilakukan jajaran Lanud Sultan Iskandar Muda, diketahui pesawat tempur asal Perancis itu sedang melaksanakan exercise air to air dengan rute ship (Charles De Gaule)– area–ship.
  • Prosedur pengamanan dilaksanakan dengan melakukan pemeriksaan terhadap kru pesawat tempur jenis Rafale.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 11 pemberitaan, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 5 pemberitaan. selanjutnya detik.com dengan 3 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik dimulai sejak pukul 00:00 hingga 18:00 WIB, dan merupakan puncak dari pemberitaan dengan total 4 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam | Robotorial /Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah sebaran pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh kompas.com dengan 2494 sebaran, diikuti peringkat kedua detik.com dengan 1329 sebaran. Selanjutnya tribunnews.com dengan 695 sebaran pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook | Robotorial /https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR